Bupati Balangan Abdul Hadi saat memberikan sambutan pada kegiatan haul ke-37 Amir Husin bin Buajim di Desa Lampihong Kanan, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan mengajak warga masyarakat untuk meneladani sikap dan perilaku dari Amir Husin semasa hidupnya.

"Selain semangat dalam melaksanakan dan mengikuti haulan, hendaknya kita juga bersemangat untuk meneladani sikap dan perilaku yang baik dari Amir Husin bin Buajim," kata Abdul Hadi di Paringin, Minggu.

Selain itu, dia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia, warga, relawan serta jajaran TNI-Polri yang telah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan haul akbar ini.

Sementara Panitia Pelaksana Haulan sekaligus cucu Amir Husin Bin Buajim, Aidil Fitri juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan terlaksananya haulan tahunan ini.

"Alhamdulillah haul yang diperingati tahun ini berjalan dengan lancar, berkat para warga, relawan serta pemerintah daerah semoga ke depannya lebih baik lagi dan para jemaah lebih banyak lagi yang berhadir," tuturnya.

Adapun almarhum Amir Husin bin Buajim diketahui berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah, lalu menikah dengan seorang perempuan asal Lampihong dan tinggal di hutan pagatan Desa Batu Merah, Kecamatan Lampihong.

Dalam kehidupannya, sosok Amir Husin dikenal sangatlah sederhana, selain itu almarhum juga istiqomah setiap beribadah ke masjid selalu datang lebih awal, meski rumahnya terletak di dalam hutan.

Diketahui, haulan yang dihadiri ribuan jemaah tersebut dipimpin oleh KH Asmuni atau Guru Danau juga dihadiri Bupati Balangan H Abdul Hadi, Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, serta para ulama dan habaib.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023