Puluhan tenaga kerja asing asal Tiongkok yang bekerja di pabrik semen PT Conch South Kalimantan turut merayakan Tahun Baru Imlek 2023 di Desa Saradang Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.
 
Puncak perayaan Tahun Baru Imlek diikuti 52 pekerja asing yang bekerja sebagai tenaga ahli di pabrik semen asal Tiongkok tersebut bersama tenaga kerja asal Indonesia dengan agenda makan bersama.

Baca juga: Lengkapi masa libur Imlek di rumah, ini daftar drama China

"Ada 52 karyawan yang berstatus pegawai BUMN dari Tiongkok di pabrik semen Conch, mereka turut merayakan Imlek dan puncaknya pada malam ini," kata staf humas PT Conch South Kalimantan Fahrizal, Sabtu.
 
Pihak manajemen pabrik semen pun turut memeriahkan perayaan Imlek bersama tenaga kerja Indonesia dengan menggelar berbagai lomba mulai dari tarik tambang, badminton hingga lempar tepung.
 
Meski telah memasuki era endemi, pihak Conch membatasi perayaan Imlek ini untuk internal perusahaan dengan tidak mengundang pihak luar perusahaan.
 
"Kegiatan internal hanya diikuti para karyawan pabrik dan kita tidak mengundang pihak luar," ucap Fahrizal.

Baca juga: Rayakan Tahun Kelinci, Wisatawan Asia pilih negara terdekat
 
Selain menggelar aneka lomba berhadiah manajemen Conch juga memberikan angpao kepada 418 tenaga kerja Indonesia serta menyiapkan sajian makanan bagi seluruh karyawan.
 
Sebelumnya, pabrik semen Conch ini dibangun sejak 2011 di Kabupaten Tabalong dan merupakan produsen semen kedua di Kalsel selain di Kotabaru.
 
Pengoperasian pabrik semen diresmikan oleh Gubernur Kalsel H Rudy Arifin pada perayaan HUT Tabalong ke-49 pada 1 Desember 2014.

Baca juga: Yayasan Hakka: Warga Tionghoa di Aceh nyaman dengan syariat Islam

Pewarta: Imam Hanafi/herlinalasmiati

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023