Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mulai menerapkan digital ID atau identitas diri berbasis digital.

"Tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam pelaksanaan transaksi layanan publik," kata Bupati Tanah Bumbu H. M Zairullah Azhar, di Batulicin Jumat.

Zairullah yang di dampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanah Bumbu Gento Hariyadi mengatakan, identitas kependudukan di Tanah Bumbu sudah bisa dilakukan dalam bentuk digital melalui handphone android dengan mendownload aplikasi bernama "Identitas Kependudukan Digital" di Google Playstore.

Setelah mendownload aplikasi tersebut, kemudian Disdukcapil akan melakukan aktivasi identitas kependudukan mereka.

"Jadi, identitas kependudukan tersebut sudah dalam bentuk digital melalui android masing-masing penduduk," jelasnya.

Adapun fitur-fitur di dalam aplikasi tersebut meliputi E-KTP, BPJS, dokumen, tandatangan elektronik, dan lainnya.

Pada tahap awal aktivasi digital ID ini sasarannya adalah para ASN dan Non ASN di lingkungan pemerintah Tanah Bumbu, dan selanjutnya masyarakat umum.

Manfaat penggunaan digital ID ini diantaranya apabila ketersediaan blangko KTP-El didaerah tidak tercukupi maka penduduk yang sudah melakukan perekaman cukup dengan di igitalisasikan, tidak perlu memiliki fisik KTP-Elektronik. 

"Jadi tidak ada lagi KTP-El atau kartu keluarga (KK) hilang, karena sudah didigitalisasi ke dalam android. Selain itu, kelebihan Digital ID yaitu penggunaan lebih simpel, tidak perlu dicetak menggunakan blangko, dan KTP atau identitas kependudukan lainnya cukup disimpan di dalam handphone android," ucapnya.

Ditambahkan Gento, pemerintah daerah tidak mentargetkan seluruh masyarakat harus beralih ke digita id karena tidak semua masyarakat memiliki HP Android. 

"Secara bertahap kami akan melakukan dengan sasaran kalangan menegah ke atas," ujarnya.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan digitalisasi bisa datang ke Disdukcapil Tanah Bumbu. Tetapi jika kebutuhan urgensi masyarakat sangat tinggi, maka dimungkinkan Dukcapil harus hadir maka kami bisa koordinasi dengan kelurahan dan desa untuk hadir ke sana. 

"Bupati Tanah Bumbu H. M Zairullah Azhar sangat mendukung dengan penerapan Digital ID di Tanah Bumbu karena memiliki banyak manfaat utamanya dalam hal transaksi layanan publik," demikian Gento.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023