Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry saat menghadiri syukuran panen raya semangka di Desa Paramaian, Daha Utara menyampaikan apresiasinya atas semangat warga bertani tanpa memandang musim.

Ia mengatakan merasa bersyukur karena hari ini berkesempatan hadir dan secara langsung melihat serta memanen semangka di kebun semangka.

"Alhamdulillah hari ini berkesempatan langsung berkunjung ke sini, dan kami sangat senang dan bersyukur sekali melihat semangkanya besar-besar dan segar," katanya dalam keterangan, Rabu (18/1).

Dia mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan Kelompok Tani (Poktan) Palawija Makmur, sebab poktan ini memiliki semangat tinggi dalam berikhtiar, hingga pada akhirnya mencapai hasil yang luar biasa.

Baca juga: Hari Rabies Sedunia, Dinas Pertanian HSS berikan vaksinasi gratis

Dalam kesempatan tersebut, ia juga berbincang langsung dengan para petani tentang apa saja yang harus dilakukan pemerintah daerah, dalam mendukung usaha para kelompok tani.

"Tentu dengan semangat yang tinggi meskipun musim dan cuaca tidak menentu, pada akhirnya usaha kita berbuah manis, dan hal itu terlihat pada panen hari ini. Kita berharap ini bisa menjadi contoh dan motivasi bagi para petani lainnya," katanya.

Ia juga berpesan kepada seluruh petani untuk tidak menyerah dengan kondisi alam, serta terus berinovasi dalam menjalankan roda pertanian.

Kepala Dinas Pertanian HSS, H Muhammad Noor, mengatakan kebun semangka yang dipanen memiliki lahan seluas 17 hektar, dikelola oleh Poktan Palawija Makmur dari Desa Baruh Jaya, Kecamatan Daha Selatan.

Poktan Palawija Makmur yang diketuai Khalidi selalu berinovasi dalam usaha pertanian. Keberhasilan panen semangka juga tidak terlepas dari inovasi pembuatan tanggul keliling dengan tata kelola air yang bagus.

Baca juga: Pencanangan gerakan tanam cabai HSS upaya kendalikan inflasi

"Hal tersebut yang dilakukan oleh Kelompok Tani Palawija Makmur, sehingga mereka tidak lagi bergantung dengan kondisi alam, dan bisa selalu membudidayakan semangka setiap waktu," katanya.

Pihaknya berharap, agar hal itu bisa menjadi contoh bagi para poktan lainnya, khususnya bagi yang juga bercocok tanam semangka.

Dengan semangat berinovasi yang tinggi, maka para poktan akan mampu menghasilkan buah semangka yang berkualitas, dan dijual dengan harga yang baik.

Turut hadir dalam acara syukuran panen semangka, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS, H. Muhammad Noor, seluruh kepala perangkat daerah di lingkup Pemkab HSS, serta Camat Daha Selatan dan Camat Daha Utara.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023