Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Yayasan Hasnur Center yang didirikan tokoh Kalimantan Selatan (Alm) H Abdussamad Sulaiman HB terus mengembangkan pendidikan di daerah Barito Kuala, salah satunya membangun kampus Politeknik Hasnur di Handil Bakti, Alalak Barangas.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang meresmikan pendirian kampus Politeknik Hasnur tersebut, Kamis, menyatakan, adanya perguruan tinggi ini diharapkan bisa meningkatkan tarap hidup masyarakat Barito Kuala.

"Kita sangat apresiasi dengan cita-cita pendidi Hasnur Center ini yang sangat perduli dengan kemajuan pendidikan di daerah Barito Kuala khususnya, sebab di sini dinyatakan masih cukup tertinggal," ujarnya, yang juga sekalian meresmikan Mesjid Sulaiman di Komplek GIBS.

Menurut dia, kiprah Hasnur Center yang telah mendirikan komplek pendidikan Global Islamic Boarding School (GIBS) di Jalan Tras Kalimantan, Sungai Lumbah, Barito Kuala, kemudian mengembangkan lagi kampus Politeknik Hasnur, membuktikannya bakti untuk daerah.

"Kita pemerintah daerah sangat berterimakasih untuk Yayasan Hasnur Center ini bagi pendidikan daerah," ucapnya.

Bupati Barito Kuala H Hasanuddin Murad mengungkapkan, daerahnya kini masih sangat tertinggal di bidang pendidikan, hingga Indek Pembangunan Manusia (IPM) masih sangat rendah, bahkan urutan 12 tingkat provinsi.

"Salah satu penyebabnya karena rata-rata tingkat pendidikan masyarakat kita yang masih rendah, bahkan kalau dirata-rata hanya tujuh tahun atau hanya kelas 2 tingkat SMP," ungkapnya.

Sehingga, ujar Hasanuddin Murad, adanya Yayasan Hasnur Center ini mengembangkan lembaga pendidikan di daerahnya sangat membantu untuk bisa meningkatkan tarap pendidikan generasi muda Barito Kuala kedepannya.

"Selama ada kiprah Yayasan Hasnur Center di daerah kita ini, imbasnya sangat baik bagi pembangunan daerah," tuturnya.

Sementara itu, Derektur SMP dan SMA GIBS Zulfikar Alimuddin menyatakan, dalam rangka Hari Jadi Hasnur Center yang ke-6 ini, pihaknya meresmikan Mesjid Sulaiman yang diambil namanya pendiri dan sekalian meresmikan pendirian kampus Politeknik.

"Hasnur Center ini lembaga yang fokusnya mengembangkan masyarakat di bidang keagamaan, pendidikan, dan kesehatan," ujarnya.

Menurut dia, lembaga pendidikan Hasnur Center ini didedikasikan untuk daerah sebagaimana cita-cita orangtua mereka Alm H Abdussamad Sulaman HB, yakni, bakti untuk banua, di mana harus benar-benar bermanfaat bagi masyarakat daerah.

"Historesnya begini, abah (Bapak) itukan orang yang punya mimpi besar, mungkin karena beliau dulu tidak sempat mengenyam pendidikan tinggi, hingga beliau terpanggil membangun sesuai untuk masyarakat luas, akhirnya didirikankah yayasan ini pada 21 April 2009 silam," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016