Pelaihari, (Antaranews Kalsel ) – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mencanangkan Desa Muara Asam Asam, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB).
    

“Pencanangan Kampung KB sebagai perwujudan Nawacita, dan  instruksi Presiden Joko Widodo,” ujar Gubernur Kalsel Shabirin Noor, di Pelaihari, Selasa (19/4).
     
Menurut dia,  jumlah penduduk besar tentu akan menjadi masalah kedepannya,  permasalahan  itu menyangkut ketersediaan sumber daya alam, energi  dan makanan.
     
Dengan mengontrolan laju pertambahan penduduk di Kalimantan Selatan, sebut dia, diharapkan dapat berdampak pada  pembangunan.
     
Diutarakannya,  kehadiran kampung KB di Desa Muara Asam Asam tersebut, tentunya dapat mensukseskan program KB yang selama digalakan  pemerintah pusat.
     
Terpisah,  Bupati Tanah Laut Bambang Almasyah mengatakan, pihaknya terus mendukung program pemerintah pusat dalam bidang kependudukan.
     
Program KB, jelas dia, sangat  berhubungan langsung dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan mengontrol laju  pertambahan penduduk, sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik.
     
Lebih lanjut dia mengemukakan, tidak seperti pepatah jaman dulu menyebutkan, banyak anak banyak rezeki, namun  kenyataan sekarang memiliki banyak anak akan menambah banyak kesulitan kedepannya.
     
Kemudian, terang dia, pencanangan Kampung KB oleh Presiden Jokowi  dimulai sejak 14 Januari 2016 dan sampai saat ini telah tercapai 53 persen atau 218 Kampung KB dari target yang diharapkan pemerintah pusat.
     
“Pembentukan Kampung KB oleh Presiden Jokowi diharapkan  program KB  kembali dapat berjalan, dan  dirasakan langsung oleh masyarakat yang  tinggal di daerah padat penduduk, pedalaman,  daerah terpencil dan  pesisir pantai,” demikian tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016