Beberapa desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan 'diam-diam' menyimpan potensi wisata yang cukup menjanjikan, seperti di Desa Tayur Kecamatan Amuntai Utara yang memiliki potensi Agrowisata.

Aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas terkait yang menjadi daya tarik bagi wisatawan ini mulai dikembangkan warga desa setempat.

Salah seorang petani di Desa Tayur, Fahrul,  Sabtu,  mengatakan, dirinya memilih bertanam holtikultura disamping bertanam padi  karena potensi lahan yang mendukung.

"Hasilnya mulai bisa dirasakan sehingga kedepannya saya akan terus bertanam jenis holtikultura," ujar Fahrul.
 
Petani di desa Tayur memperlihatkan hasil perkebunan Holtikultura kepada Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari yang didampingi petugas dari Dinas Pertanian saat meninjau lokasi perkebunan, Selasa (03/01/23). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Jenis tanaman yang dikembangkan cabe rawit, cabe merah besar, terong, nanas, semangka, rambutan, durian, jambu kristal, anggur, bawang merah, pisang, nangka, melon, kelingking, labu, dan lainnya.

Fahrul mengatakan, Kelompok Tani Sari Desa Tayur berterim kasih kepada Pemerintah Daerah, khususnya Dinas Pertanian yang telah memberikan dukungan bibit maupun alat untuk pertanian.

Ia juga berharap pemerintah daerah akses jalan menuju desa mereka bisa lebih ditingkatkan agar para petani semakin bergairah mengembangkan potensi Agrowisata ini.

Sebelumnya warga desa juga mengembangkan Wisata Susur Sungai sehingga dengan adanya potensi Agrowisata semakin melengkapi potensi pengembangan wisata desa.Apakagi Desa Tayur hanya berjarak 11 kilometer dari Kota Amuntai ibu kota kabupaten 

Penjabat Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah saat meninjau lokasi perkebunan holtikultura di Desa Tayur mengaku sangat senang.
 
Penjabat Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah bersama para petani di Desa Tayur saat dan para petugas dari Dinas Perrtanian saat meninjau perkebunan agrowisata, Selasa (03/01/23). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

" Perkebunan ini adalah potensi yang menarik untuk digarap dan dikembangkan menjadi miniatur dataran tinggi yang unik di kota Amuntai," kata Raden Suria.

Menurutnya, pengembangan wisata pertanian ini dinilai langkah yang cukup tepat dalam rangka persiapan menghadapi inflasi, mengingat masyarakat diajak untuk terus kreatif dalam manfaatkan lahan guna pergerekan perekonomian di daerah.

Pemda, kata R Suria akan mendukung  segala kegiatan pengembangan kawasan pertanian di HSU, salah satunya dengan agrowisata, perpaduan antara pariwisata dan pertanian.

Ia berharap dengan cara ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani serta menjadi tempat destinasi yang menarik bagi masyarakat sekaligus belajar tentang perkebunan. 

Diyakini, potensi agrowisara tidak hanya ada di Desa Tayur mengingat kondisi lahannya dimiliki desa lainnya di Kabupaten HSU. Pj Bupati  meminta Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata melakukan koordinasi dengan kepala desa dan masyarakat dengan membentuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata).

Pokdarwis dibentuk tidak hanya dari satu desa tapi bisa beberapa desa yang berdekatan, sebagai contoh Pokdarwis Swargaloka yang ada di Kecamatan Haur Gading. 

"Karena tujuan kita mengembangkan wisata adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar spot wisata tersebut," ujarnya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023