Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi mengimbau masyarakat termasuk wisatawan  mengutamakan keselamatan saat cuaca buruk di lokasi wisata agar tidak terjadi hal-hal tak diinginkan.

"Saat ini cuaca sedang tidak bersahabat makanya kami ingatkan tetap waspada dan berhati-hati," kata dia di Banjarmasin, Selasa.

Menurut dia, salah satu lokasi wisata yang paling rawan saat ini pantai dengan tingginya ombak dan angin kencang dalam sepekan terakhir.

Polisi pun dikerahkan lebih banyak untuk mengamankan objek wisata pantai yang kerap ramai dikunjungi wisatawan agar dapat memberikan pengamanan sekaligus imbauan jika air laut mulai pasang dengan ombak besar.

"Kalau dirasa membahayakan bagi keselamatan pengunjung, segera imbau untuk menjauh dari bibir pantai," jelas Kapolda.

Andi Rian mengungkapkan pengamanan objek wisata menjadi salah satu fokus pihaknya selama Operasi Lilin 2022 yang dilaksanakan sejak 23 Desember hingga 2 Januari 2023.

Meski begitu, jika animo masyarakat masih tinggi mengunjungi objek wisata setelah Operasi Lilin berakhir maka polisi tetap disiagakan sesuai kebutuhan di lapangan.

Merujuk peringatan dini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin menyebut perairan selatan Kalimantan (laut Jawa) dan perairan Kotabaru mencapai tinggi enam meter hingga akhir tahun ini.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022