Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry didampingi Ketua TP PKK HSS, Hj.Isnaniah Achmad Fikry menghadiri kegiatan puncak Hari Jadi ke-72 Kecamatan Daha Utara di halaman kantor kecamatan setempat.

Camat Daha Utara, Dody Puriyandhani, di Negara, Senin (26/12), mengatakan mewakili warga kecamatan Daha Utara mengucapkan terima kasih kepada Bupati HSS, atas segala pembangunan yang ada di kecamatan Daha Utara.

"Baik pembangunan fisik atau yang terlihat dan membangun non fisik yang tidak terlihat namun dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, seperti program BPJS semesta dan listrik gratis untuk seluruh langgar dan mushola yang ada di HSS," katanya, dalam laporan kegiatan, mengutip laporan pers Diskominfo HSS kepada ANTARA.

Dijelaskan dia, rangkaian hari jadi kecamatan sudah dimulai sejak Rabu (14/12). Kegiatan yang sudah dilaksanakan yaitu lomba menu B2SA, lomba serba ikan, lomba serba buah yang diikuti semua TP PKK desa se-Kecamatan Daha Utara.

Kemudian, lomba mewarnai usia PAUD, gerak jalan santai sebanyak 2000 kupon lebih dibagi kepada warga Daha Utara, lomba adzan usia di bawah 19 tahun diikuti semua desa.

Baca juga: Bupati hadiri HUT ke-72 Kecamatan Daha Selatan

Dilaksanakan kegiatan shalat hajad dan syukuran serta tahlilan untuk para pejuang dan pahlawan perang kemerdekaan 2 Januari 1949.

Dilanjutkan dengan tablig akbar diisi penceramah UAS Banjar, maulid al habsy ketua TP PKK se-Kecamatan Daha Utara dan diisi acara bercerita oleh Ustadz Amrullah dari Barabai, serta pergelaran seni wayang orang atau wayang gong.

Untuk puncak peringatan hari jadi Daha Utara disediakan menu lapat dan berbagai macam kue tradisional di masing-masing stan desa, dengan sebanyak 23 stan terdiri atas 19 desa, Puskesmas Nagara, Puskesmas Pasungkan, Bank Kalsel Cabang Nagara, dan ULP PLN Nagara.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengucapkan selamat hari jadi ke-72 untuk Kecamatan Daha Utara, teriring doa mudah-mudahan dengan bertambahnya usia akan menjadikan kecamatan Daha Utara terus bersinergi.

"Sinergi kita lakukan bersama dengan pemerintah kabupaten, dalam rangka melaksanakan pembangunan hingga terus berbenah, mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana kita harapkan bersama," katanya.

Baca juga: Bupati HSS hadiri hari jadi ke-16 Kecamatan Daha Barat

Menurut dia, potensi Daha Utara sangat besar sekali, yakni ada potensi pertanian, perikanan dan objek wisatanya, tinggal mengelola potensi-potensi yang ada ini, agar pada gilirannya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

Pihaknya meminta kepada seluruh jajaran OPD tingkat kabupaten HSS untuk terus mengawal dan membantu Kecamatan Daha Utara, dalam mengembangkan semua potensi yang ada.

Ada hal-hal yang perlu ditingkatkan dan lanjutkan ke depan, peningkatan jalan Hakurung sampai Sakincung sampai sekarang belum selesai.

"Mudah-mudahan nanti di tahun 2023, kita belum tahu ada anggarannya, paling tidak diperjuangkan dulu. Kenapa saya titip dengan anggota DPRD karena tanggal 19 September 2023 jabatan saya sebagai bupati akan berakhir," katanya.

Seandainya 2023 belum dianggarkan namun terus dikawal, sehingga akses jalan dari Hakurung sampai Hamayung bisa tembus.

Baca juga: Puncak hari jadi Kecamatan Angkinang hadirkan kuliner serba singkong

Aksesnya sebenarnya sudah ada, tapi karena dua tahun pandemi COVID-19 anggaran daerah telah diarahkan untuk menyelamatkan manusia, sehingga program penuntasan jalan Sakijung itu tidak bisa terealisasi.

"Saya mohon sekali lagi, untuk dikawal nanti dukungan DPRD, mudah-mudahan tuntas jalan Sakijung dan termasuk jalan-jalan lintas yang lain di Kecamatan Daha Utara," katanya.

Dalam rangkaian hari jadi ini, ada beberapa peresmian dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati HSS, yakni Gedung Promosi dan Pemasaran Online Desa Panggandingan, Kecamatan Daha Utara, Renovasi Pustu Taluk Haur.

Kemudian, PKBM Darul Amin, selain itu ada beberapa penyerahan, yaitu penyerahan bingkisan kepada para Camat Daha Utara periode terdahulu, dan penyerahan bantuan GNOTA untuk anak sekolah yang kurang mampu.

Turut hadir, Sekda HSS, H. Muhammad Noor, Ketua DWP HSS, Hj. Elyani Yustika, Ketua GOW HSS, Srie Astuti, anggota DPRD HSS Dapil 3, kepala OPD, Forkopimca, kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta warga masyarakat setempat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022