Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry bersama Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad serta Sekda, H. Muhammad Noor didampingi istri masing-masing menghadiri hari jadi ke-16 Kecamatan Daha Barat di Gedung Serba Guna Daha Barat.

Camat Daha Barat, Ahmad Yani, di Daha Barat, Rabu (21/12), mengatakan hari jadi kecamatan ini dimeriahkan dengan tujuh stan dari tujuh desa, stan Puskesmas dan stan BPP.

"Stan-stan kita hadirkan dengan kuliner unik, berbahan serba waluh nagara (labu nagara) yang diolah," katanya, dalam laporan kegiatan, mengutip keterangan pers Diskominfo HSS kepada ANTARA.

Dijelaskan dia, olahan kuliner tersebut seperti pais waluh, puding waluh, gumpal waluh, bikang waluh, talak waluh, dan kolak waluh serta bola waluh isi coklat lumer, dan tidak lupa makanan lainnya berupa nasi bungkus, lontong dan lapat.

Baca juga: Olahan berbahan jengkol dan ubi kayu di HUT Kecamatan Loksado

Selain itu, masyarakat yang menikmati kuliner akan mendapatkan kupon, untuk bersaing mendapatkan hadiah berupa kulkas, kipas angin, alat memasak, sprei dan puluhan hadiah hiburan lainnya.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengucapkan selamat hari jadi ke-16 untuk Kecamatan Daha Barat kepada seluruh masyarakat yang ada di Kecamatan Daha Barat.

“Bertambahnya usia ini menjadikan Daha Barat semakin maju dan semakin mandiri dalam pembangunan di wilayahnya, sekaligus juga terus berbenah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai mana yang diharapkan,” katanya.

Menurut dia, sebelumnya selama dua tahun ini, kegiatan peringatan hari jadi di kecamatan tidak dilaksanakan karena kondisi pandemi COVID-19.

Ia bersyukur pada tahun ini kegiatan kembali dapat dilaksanakan, diharapkan kemeriahan peringatan hari jadi kecamatan dapat memberikan dampak positif bagi kita semua.

Baca juga: Kecamatan Telaga Langsat rayakan HUT ke-72

"Agar masyarakat dapat merasakan nuansa kebersamaan dan kebahagiaan,” katanya.

Ia juga berharap, kearifan lokal masyarakat Daha Barat ini harus terus dipelihara potensinya, seperti perikanan, peternakan, dan pertanian, agar tetap lestari sampai di masa mendatang.

Peringatan kali ini mengusung tema "Daha Barat Bajukung Bersama Menjunjung Kesatuan, Masyarakat Himung." dimeriahkan lomba dan pertandingan, seperti maunjun papuyu (memancing ikan betok), mewarnai, adzan, oertandingan balogo serta bulu tangkis.

Dirangkai peresmian PKBM Mambaul Ulum Daha Barat dan Ruang Lab Komputer, ruang UKS beserta perabotnya di SMPN 1 Daha Barat, juga penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka memeriahkan hari jadi kecamatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022