Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Personel gabungan dari Polres Tanah Laut dan Kodim 1009 Pelaihari melakukan penggeledahan terhadap Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pelaihari, Kalimantan Selatan.


"Saya mengapresiasi kerja sama yang sudah terjalin baik antara Kementerian Hukum dan HAM dengan TNI dan Polri sehingga operasi gabungan ini bisa terlaksana dengan aman dan lancar," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Imam Suyudi di Banjarmasin, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan penggeledahan Rutan Kelas IIB Pelaihari, pada Selasa (12/4) malam, itu sebagai bentuk keseriusan perang terhadap narkoba melalui Pelaksanaan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kegiatan razia terhadap para Narapidana tersebut diturunkan 200 personel gabungan dari Polres Tanah Laut dan Kodim 1009 Pelaihari.

Dia mengatakan dari 357 orang Narapidana dan tahanan di Rutan Kelas IIB Pelaihari yang digeladah, baik fisik maupun blok huniannya dinyatakan tidak ada temuan Narkoba.

"Para Napi dan tahanan kami geledah satu persatu begitu juga blok hunian mereka namun hasilnya nihil dan tidak ada temuan barang terlarang ataupun narkoba," ucapnya.

Imam Suyudi mengatakan operasi seperti ini, sebelumnya sudah pernah dilaksakanan sebanyak tiga kali dengan hasil yang sama bersih dari Narkoba.

Sementara itu Kapolres Tanah Laut AKBP Rizal Irawan Sik di Tanah Laut, mengatakan Operasi Bersinar 2016 dalam rangka pemberantasan narkoba itu tidak hanya dilakukan di dalam akan tetapi juga di luar Lapas/Rutan dengan menggalakan rajia rutin di wilayah Tanah Laut ini.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalsel Harun Sulianto di Banjarmasin juga menambahkan hasil kegiatan dalam razia tersebut merupakan hasil bersama dan menjadi indikator Rutan bebas dari peredaran gelap Narkoba.

Untuk diketahui dalam razia tersebut diikuti Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Imam Suyudi didampingi Kepala Divisi Administrasi Kemas Hamzah Zain dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Harun Sulianto, Kapolres Tanah Laut AKBP Rizal Irawan dan Dandim 1009 Pelaihari, Letkol Inf Hesto Purba. 

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016