Kandangan (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, akhirnya menyelesaikan pembangunan jembatan Desa Lungau, Kecamatan Kandangan, yang menghubungkan dengan beberapa desa lainnya.


Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry di Kandangan Selasa mengatakan, seluruh hasil pembangunan yang telah dilaksanakan, diharapkan akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Sehingga, tambah dia, agar seluruh sarana prasarana yang terbangun bermanfaat lebih besar, sudah menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, untuk terus memeliharanya.

"Tanpa peran aktif masyarakat dalam memelihara hasil pembangunan yang telah dilakukan Pemda, maka keberlanjutan manfaatnya tidak akan lama dirasakan masyarakat", katanya.

Menurut Bupati, saat ini pemerintah terus berupaya meningkatkan pembangunan sarana prasarana, baik itu jalan dan jembatan, serta fasilitas umum lainnya, untuk mendorong pemerataan pembangunan, bukan hanya di perkotaan tetapi hingga perdesaan.

Melihat langsung kebutuhan masyarakat tersebut, Bupati bersama seluruh jajarannya melakukan kunjungan secara bergantian, ke seluruh wilayah HSS, antara lain melalui kegiatan safari Jumat.

Setiap Jumat, Bupati bersama jajarannya, secara bergantian mendatangi masjid di kecamatan, untuk salat Jumat bersama, sekaligus melakukan dialog dan mendengarkan keinginan masyarakat desa di daerah tersebut.

Melalui program tersebut, fungsi masjid di HSS tidak hanya untuk salat berjamaah, tetapi juga untuk bersilaturahmi dan berdialog tentang perkembangan kemajuan daerah, dan tempat untuk menyammpaikan kebutuhan dan harapan masyarakat daerah sekitar.

Hal itu, sebagaimana yang dilakukan Bupati dan rombongan, pada safari Jumat (8/4), yang dilaksanakan di Desa Langau.

Pada kesempatan tersebut, Bupati meninjau jembatan Desa Lungau yang telah selesai dibangun oleh Pemerintah Kabupaten HSS.

Bupati didampingi Wakil Bupati H Ardiansyah, dan Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad, melaksanakan Safari Jum`at di Masjid Jami`atul Faizin Desa Lungau.

Kepala Desa Lungau H. Khalik, mengatakan terima kasih atas diselesaikannya perbaikan ruas jalan dari Desa Sungai Kupang sampai dengan Desa Lungau.

Selain itu, juga selesainya pembangunan jembatan di Desa Lungau, yang selama ini sangat diharapkan masyarakat.

"Saya juga melaporkan pada 2015 ini, panitia Masjid Jami`atul Faizin juga telah menerima dana hibah dari Pemkab HSS sebesar Rp50 juta," katanya.

Dana tersebut, kata dia, telah digunakan untuk perbaikan plafon, pengadaan karpet mesjid, dan pembuatan tempat parkir.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016