H Supian HK yang kini Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) menyatakan siap sebagai calon Gubernur provinsi setempat Tahun 2024 - 2029.

"Prinsipnya kita siap sebagai calon Gubernur (Cagub) bila partai memerintahkan," ujar anggota DPRD Kalsel dua periode itu sebelum rapat paripurna DPRD provinsi setempat di Banjarmasin, Rabu.

"Begitu pula kalau tidak ada dari Partai Golkar yang maju sebagai Cagub Kalsel 2024 - 2029," lanjut laki-laki kelahiran Rantau Bujur Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Tahun 1957 itu.

Supian HK bermaksud munajat meminta petunjuk Allah SWT pada kesempatan melaksanakan ibadah umrah bersama Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang berangkat ke Mekkah 14 Desember 2022 atau sesudah memimpin rapat paripurna DPRD setempat.

Sementara H Sahbirin Noor atau yang akrab dengan sapaan Paman Birin tidak memungkinkan lagi sebagai Gubernur Kalsel sebagaimana peraturan perundang-undangan yang berlaku,  karena sudah dua periode.

Sedangkan pihak-pihak lain yang mau maju sebagai Cagub Kalsel pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tahun 2024 masih "wit and shee" (menunggu melihat keadaan/situasi dan kondisi).

Beberapa nama yang disebut-sebut mau maju dalam Pilkada atau pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalsel 2024 antara lain mantan Bupati Banjar provinsi setempat, H Khairul Saleh yang kini anggota DPR RI.

Selain itu, H Rifqi Nizami Karsa Yudha, kini anggota DPR RI,.H Zairullah Azhar kini Bupati Tanah Bumbu, Kalsel serta Muhammad Syaripuddin atau Bang Dhin yang kini Wakil Ketua DPRD provinsi setempat.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022