Pegiat Karate Tradisional INATKF asal Hulu Sungai Selatan (HSS), Devia Amylia Puteri berhasil meraih dua medali, emas dan perak untuk Indonesia dan mengharumkan nama banua "Bumi Rakat Mufakat" di ajang Kejuaraan Asia Oceania Traditional Karate, di Uzbekistan.

Pelatih M Fikriyan Hidayat, di Kandangan, Senin (12/12), mengatakan Devia berhasil menorehkan sejarah baru, bertepatan dengan peringatan Hari Jadi ke-72 HSS, menyumbang medali emas untuk kontingen Indonesia dan untuk banua tercinta.

"Kami telah mendapatkan kabar kemenangan Devia, yang sudah berhasil juara pertandingan pada nomor kata perorangan puteri kelompok umur 20thn+," katanya.

Baca juga: Atlet INATKF HSS wakili Indonesia di Asia Oceania Traditional Karate Uzbekistan

Dijelaskan dia, kabar ini mengejutkan pihaknya, karena ini merupakan kejuaraan pertama Devia bertanding secara langsung di tingkat Asia.

Pihaknya tidak menargetkan medali emas berhubung persiapan yang terbatas, namun dengan pencapaian luar biasa ini pihaknya tentunya sangat bersyukur.

"Selamat untuk Devia Amylia Puteri yang menyumbangkan dua Medali, di antaranya satu medali emas dan satu medali perak," katanya.

Baca juga: 127 orang kontingen KORMI HSS dilepas ikuti ajang FORDA Kalsel

Diketahui, Devia merupakan atlet atau Pegiat KORMI HSS mewakili Indonesia dan memperkuat Tim PB INATKF, pada kejuaraan bertajuk Asia Oceania / Asian Cup ke 3 di Tashkent City, Uzbekistan 10-11 Desember 2022

Kontingen Indonesia berhasil memboyong Piala Juara Umum kedua dengan perolehan lima medali emas, dan dua medali perak di bawah Tuan Rumah Uzbekistan yang tampil sebagai juara umum dalam kejuaraan tersebut.

Sebelumnya Devia juga telah meraih Medali Emas pada Kejuaraan Afro-Asia I yang diadakan diEgypt Mesir 2020 yang lalu, namun kejuaraan itu bersifat online karena Pandemi COVID-19.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022