Ketua panitia pelaksana Kongres Budaya Banjar (KBB) VI dan Kongres Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) yang pertama tahun 2022, Dr Taufik Arbain menyebutkan kegiatan KBB ini hakekatnya bukan sekadar membahas pelestarian budaya Banjar, tetapi juga menggali pemikiran pemikiran dalam upaya bagaimana orang Banjar ini kedepannya.

"Istilah kerennya itu bagaimana lahir sebuah pemikiran agar orang Banjar itu mampu menjemput zaman di era globalisasi dan era digital ini " kata Taufik Arbain yang dikenal sebagai dosen senior di Fisip Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin tersebut.

"Orang Banjar itu nantinya tak boleh berada di pinggir tetapi harus berada di tengah-tengah," katanya lagi bersemangat saat diwawancarai wartawan LKBN Antara biro Kalsel, saat berada di sekretariat panitia KBB Kayu Tangi Banjarmasin, Minggu petang.

Oleh karena itu dicarikan pembicara yang kira-kira mampu menggali pemikiran pemikiran demikian, salah satunya adalah bung  Fadjroel Rachman, orang Banjar yang kini menjabat sebagai duta besar RI di Kazakhstan.

Selain itu juga akan tampil seorang tokoh Kalsel yang kini menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Prof Mujiburrahman, beliau juga adalah seorang budayawan yang diharapkan akan muncul pemikiran pemikiran ke depan bila dikaitkan dengan budaya orang Banjar yang agamais.

Kemudian ada pula pembicara dari Malaysia, Jamaludin Asaari yang dikenal sebagai tokoh kulaan Banjar di negeri jiran tersebut juga seorang tokoh penggiat silaturahmi bagi orang Banjar di perantauan.

Pembicara yang lain dari orang Banjar yang juga dosen di Universitas Riau yakni Ibu Sri yang diharapkan bisa mengeluarkan pemikiran mengenai bagaimana menjalin hubungan antarperguruan tinggi, baik sesama perguruan tinggi dalam negeri maupun mancanegara untuk kemajuan dunia pendidikan.

Di bidang ekonomi akan ditampilkan pula seorang pembicara yang juga usahawan muda asal banua pemilik beragam usaha, salah satunya roti, Haji Enong.

Sedangkan yang lain kalau ada pemikiran pemikiran lain berupa makalah atau bentuk lainnya yang intinya membuka wawasan dalam upaya memajukan warga Banjar di mana saja berada silahkan kirim ke panitia, dan pihak panitia akan membuka link di internet yang mudah diakses siapa saja untuk membacanya, tambah Taufik Arbain

Hal lain dalam kongres yang pasti bagaimana membangun silaturahmi bagi warga Banjar di perantauan, yang dikenal gigih menjaga marwah harga diri saat penjajah dulu hingga sekarang.

Acara kongres tersebut nantinya diwarnai dengan pemberian penghargaan atau anugerah terhadap tokoh yang dinilai berjasa dalam memajukan masyarakat Banjar.

Hal lain tentu ada hiburan hiburan kesenian Banjar, serta ada acara wisata tour bagi peserta kongres ke beberapa tempat wisata andalan daerah ini.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022