Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsy meminta orang tua lebih mengawasi pergaulan anak-anak terutama remaja untuk mencegah penularan penyakit Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS).
 
"Pengawasan terhadap anak-anak terutama memasuki usia remaja harus ditingkatkan sehingga mereka tidak ampai tertular AIDS yang terus membayangi kehidupan kita," ujarnya di Martapura, Jumat.
 
Penyataan itu disampaikan wabup yang juga menjabat Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Banjar pada seminar memperingati Hari AIDS sedunia di Aula Kantor Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar.
 
Menurut wabup, kalangan remaja memiliki tingkat risiko cukup tinggi terpapar HIV/AIDS karena pergaulan yang luas dan banyak aktivitas luar rumah, sehingga sangat rentan terpapar penyakit mematikan itu.
 
"Melalui seminar diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan tentang AIDS dan melakukan langkah nyata agar keluarga dan diri sendiri tidak sampai tertular penyakit yang masih belum ada obatnya itu," kata dia.
 
Dikatakan, penyakit HIV/AIDS adalah permasalahan kesehatan yang tidak hanya memiliki dampak di sektor kesehatan, tetapi juga memiliki dampak secara psikologis, sosial dan ekonomi.
 
"Makanya, pencegahan penularan HIV AIDS dan penanggulangannya harus bersama-sama, tidak bisa hanya dilakukan sektor kesehatan tetapi harus didukung bidang lainnya," demikian wabup.
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022