Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan Sukamta mengatakan,  kunci mengendalikan inflasi di Tanah Laut salah satunya perencanaan stok bahan.

"Persoalan inflasi sesungguhnya ada pada supply dan demand. Jika kita dapat menyeimbangkan keduanya, maka inflasi dapat dikendalikan dengan baik," ujarnya saat memimpin High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Tanah Laut  bersama unsur Forkopimda setempat, di Ruang Barakat Sekretariat Daerah (Setda) Tanah Laut, Rabu.

Menurut dia, pendistribusian barang bisa mempengaruhi laju inflasi,  tetapi hal itu tidak begitu berpengaruh di Tanah Laut.

"Infrastruktur kita sudah sangat memadai, tentu distribusi tidak menjadi persoalan yang signifikan," sambungnya. 

Sukamta mengajak semua pihak agar memantau harga bahan pokok di pasaran menjelang Natal dan tahun baru.

"Beberapa komoditas sangat perlu kita perhatikan, agar menjelang Natal dan tahun baru harga bahan pokok dapat kita kendalikan," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Sukamta juga mengingatkan, inflasi sesungguhnya menandakan adanya aktifitas perekonomian yang baik. 

Namun demikian, dia tetap menekankan tidak boleh angka inflasi terlalu tinggi di daerah tersebut. 

"Inflasi ini tidak bisa dinolkan apalagi sampai deflasi. Ini kewajiban pemerintah dalam menahan laju inflasi," terangnya.

Sukamta berharap melalui HLM  pemerintah dapat menemukan solusi untuk mengendalikan inflasi, sehingga  aktivitas tatanan ekonomi masyarakat terus membaik. 

 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022