Sebanyak seribu anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kabupaten Balangan mengikuti karnaval untuk memperingati Hari Anak Nasional yang diselenggarakan oleh Disdikbud Balangan di Terminal Paringin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balangan Ribowo di Paringin, Selasa, mengatakan kegiatan karnaval tersebut diadakan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Anak Nasional di Balangan.

“Kami mengadakan karnaval ini untuk melatih anak dalam mencintai tanah air, sehingga timbul rasa nasionalisme yang tinggi pada anak-anak," kata Ribowo.

Dia melanjutkan, seperti apa yang jadi tupoksi pihaknya dalam meningkatkan pertumbuhan dan karakter anak, kegiatan ini arahnya juga agar karakter anak itu bisa berkembang dengan baik, sehingga bisa dipersiapkan untuk meneruskan ke jenjang tingkat SD.

Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balangan Julirahman, menambahkan selain kegiatan karnaval, peringatan Hari Anak Nasional di Balangan juga diikuti dengan kegiatan pemberian makanan bergizi terhadap anak.

Dia menjelaskan, ada pemberian makanan bergizi pada anak-anak kemudian untuk tiap kecamatan pihaknya memberikan alat tulis jumlahnya seribu dan juga akan disalurkan ke daerah-daerah terpencil.

"Tujuan kita ke daerah terpencil sesuai dengan program kepala daerah menata kota membangun desa. Jadi kita arahnya ke desa, desa kita arahkan ke daerah-daerah yang terpencil dimana kita coba memberikan alat tulis ke mereka yang di daerah-daerah terpencil sesuai dengan program kepala daerah,” jelas dia.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022