Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan mendapatkan bantuan dana dari pusat untuk pembangunan instalasi pengolahan air bersih di Kecamatan Muara Uya dan Jaro.

Pelaksana tugas Direktur PDAM Kabupaten Tabalong Hamidah Munawarah, di Tanjung, Jumat, mengatakan bantuan pembangunan instalasi untuk optimalisasi pelayanan air bersih bagi masyarakat setempat itu, akan dilaksanakan oleh satuan kerja pengembangan air minum dan sanitasi Provinsi Kalsel.

"Saat ini pemerintah daerah sudah menyiapkan lahan di Kecamatan Muara Uya untuk lokasi pembangunan instalasi air bersih dengan kapasitas 20 liter per detik bantuan dari dana APBN 2016," ujar Hamidah.

Selain itu, perusahaan daerah ini juga mendapat dukungan dana untuk pengadaan sarana pompa intake di instalasi air bersih Kecamatan Muara Uya Kelurahan Belimbing dan Kecamatan Kelua dari Dana Intensif Daerah (DID).

Sebelumnya, PDAM setempat juga telah membangun jaringan perpipaan dan aksesoris di Desa Binturu Kecamatan Kelua dan Desa Upau Kecamatan Upau serta instalasi pengolahan air baja kapasitas 20 liter per detik di Kecamatan Upau.

"Dengan penambahan bangunan instalasi air ini diharapkan bisa mengoptimalkan pelayanan PDAM khususnya di wilayah pedesaan, dan saat ini jumlah pelanggan kami telah mencapai 16.000," kata Hamidah lagi.

Pada wilayah perkotaan PDAM setempat juga membangun pipa utama di kawasan Pembataan sekitar Hotel Jelita dan ruang jalan provinsi serta wilayah Guru Danau sebagai upaya mengoptimalkan distribusi air bersih kepada pelanggannya.

Dalam pembangunan pipa utama dan reservoir di kawasan Pendopo Bersina Kelurahan Pembataan, PDAM setempat menggandeng General Contractor and Supplier asal Kota Banjarmasin PT Chindra Santi Pratama untuk penerapan teknologi "Horizontal Directional Drilling" (HDD) pada pemasangan pipa di wilayah padat lalu lintas maupun aktivitas warga sekitar Pendopo Bersinar.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016