Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Golongan Karya Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan menjaring bakal calon (balon) bupati setempat untuk periode 2017-2022.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Barito Kuala (Batola), Hikmatullah, Kamis menerangkan, penjaringan balon bupati tersebut sesuai mekanisme organisasi partai politik tersebut.

"Sesuai ketentuan organisasi, pada prinsipnya penjaringan balon bupati itu terbuka bagi semua orang. Namun tetap memberikan seluas-luasnya peluang bagi kader sendiri," ujarnya.

Sebagai salah satu petunjuk organisasi Partai Golkar, lanjutnya, mereka yang masuk penjaringan untuk penetapannya juga terlebih dahulu melalui survai guna mengetahui kekuatan atau jumlah pendukung.

Sejak pembukaan hingga penutupan pendaftaran penjaringan balon Bupati Batola melalui Partai Golkar (15-30 Maret 2016) ada 13 orang yang mendaftar/menyerahkan formulir yang sudah diisi.

"Sejumlah pelamar balon Bupati Batola melalui DPD Partai Golkar di kabupaten ini hanya lima orang kader parpol sendiri, selebihnya dari luar, di antaranya birokrat," lanjutnya menjawab Antara Kalsel.

Pelamar balon Bupati Batola dari kader Partai Golkar antara lain, Hj Noormiliyani Aberani Sulaiman yang kini Ketua DPRD Kalsel dan Yuni Abdi Sulaiman HB (putra dari almarhum H Abdussamad Sulaiman HB/Ketua DPD Partai Golkar Kalsel).

"Untuk menentukan siapa yang bakal diusung Partai Golkar dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada Batola, Februari 2017 hasil survei menjadi salah satu bahan pertimbangan," demikian Hikmatullah.

Sementara saat pendaftaran hari terakhir di Marabahan (45 kilometer barat Banjarmasin) Rabu, ribuan kaum hawa mengiringi Hj Noormiliyani AS SH menyampaikan formulir kepada DPD Partai Golkar Batola, untuk mendaftar sebagai balon bupati setempat.

Kaum hawa yang datang menyemangati/mendukung Ketua Tim Penggerak PKK Batola untuk menjadi bupati setempat dari berbagai desa-17 kecamatan di kabupaten tersebut.

Mereka datang dengan penuh semangat, tak menghiraukan rintik-rintik hujan yang mengguyur kota Marabahan dan membawa poster bertuliskan, "siap memenangkan Hj Noormiliyani".

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016