Hingga Senin (21/11)  sore instansi pemerintah daerah terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Utara belum menyalurkan bantuan sosial bagi korban terdampak banjir 

"Nunggu perintah Bupati dan memproses anggarannya dulu," ujar Kepala BPBD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Sugeng Riyadi via What Apps, Senin.

Sugeng mengatakan, data per 21 November pukul 11.00 wita jumlah rumah yang terdampak banjir bertambah menjadi 4663 buah dari jumlah sebelumnya per 20 November pukul 22.00 wita  sebanyak 3817

Sebanyak 16761 jiwa tercatat merasakan dampak akibat banjir yang menggenangi rumah dan wilayah permukiman mereka. Jumlah ini meningkat dari data satu hari sebelumnya yang dilaporkan 13590 jiwa.

"Sebanyak 17 orang lebih warga dilaporkan mengungsi," kata Sugeng.

Plt Kepala Dinas Sosial Muhammad Zaky Mubarak menginformasikan jika Senin pagi tadi  perwakilan SKPD terkait telah melaksanakan rapat koordinasi untuk penanganan banjir, namun bantuan belum bisa disalurkan menunggu proses pelantikan Penjabat Bupati HSU di Banjarmasin.

Penjabar Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah M.Pd menjalani prosesi pelantikan oleh
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor  atas nama Mendagri di Gedung Mahligai Pancasila, Senin (21/11) 
 
PJ Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah di apit mantan Plh Bupati HSU Zakly Asswan dan Kepala Dinas Kominfosandi HSU H Adi Lesmana usai pelantikan PJ Bupati HSU di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin (21/11/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Raden Suria Fadliansyah dilantik sebagai  Penjabat Bupati HSU  berdasarkan Surat Keputusan Mendagri RI nomor 131.63-5773/2022 tanggal  07 Oktober 2022 tentang Pengangkatan sebagai Penjabat Bupati HSU.

Pelantikan Raden Suria bersamaan dengan pelantikan penjabat Bupati Barito Kuala, 
Pada kesempatan itu, sekaligus pelantikan Ketua TP PKK HSU dan Batola oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalsel.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Penjabat Bupati HSU dan Barito Kuala yang baru saja dilantik dan diambil sumpah.

"Jabatan adalah amanah yang tidak hanya dipertanggungjawabkan di dunia, tetapi juga akan dipertanggungjawabkan di akhirat," kata Sahbirin mengingatkan.

Ia berharap pejabat yang dilantik memimpin kabupaten /kota dapat menimba ilmu dan pengalaman serta memberikan dampak positif bagi daerah yang dipimpinnya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022