Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengadakan pagelaran pentas seni dan budaya.

Kepala Disbudporpar Tanah Bumbu Hamaluddin Tahir di Batulicin, Senin mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat luas.

"Kabupaten Tanah Bumbu merupakan daerah yang memiliki jumlah penduduk dengan berbagai suku dan budaya, ada suku Bali, Jawa, Bugi, Banjar, Dayak dan lain sebagainya," katanya.

Ia mengatakan, dengan pagelaran ini semua orang akan saling mengenal suku dan budaya yang di tampilan.

"Hari ini panitia mengundang teman-teman suku Bali dengan menampilkan seni satya dharma santi pekraman dari Desa Sumber Makmur Kecamatan Satui untuk memperkenalkan seni dan budaya mereka," ujar Hamaluddin.

Dengan kostum serta peralatan musik bernuansa Bali, kelompok seni  menampilkan kesenian khas Pulau Dewata. Salah satunya tari pendet.

"Kedepannya, setiap malam minggu Disbudporpar Tanbu akan menggandeng kelompok seni yang akan ditampilkan di beberapa tempat untuk memberikan hiburan sekaligus pengetahuan kebudayaan kepada masyarakat luas tentang kebudayaan," jelasnya.

Dia juga berharap, kebudayaan di Tanah Bumbu dapat semakin maju dan terjaga.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022