Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Tabalong membangun perangkat penguat sinyal berupa repeater tower triangle di kawasan terpencil guna mendukung program kota cerdas atau smart city.

Pelaksana Tugas Kabid Pengembangan Kota Cerdas Diskominfo Kabupaten Tabalong Arbani menyampaikan tahun ini perangkat penguat sinyal dipasang di tiga lokasi.

 "Tiga lokasi yang kita pasang perangkat penguat sinyal yakni Dusun Kalingai, Desa Garagata dan Gunung Karamu," jelas Arbani, Selasa (15/11).

Perangkat penguat sinyal di Dusun Kalingau ungkap Arbani nantinya memudahkan warga desa yang berada dalam kawasan terpencil menerima layanan internet.

Desa-desa tersebut adalah Dusun Kalingai, Desa Dambung Raya, Desa Hegar Manah dan Desa Panaan yang secara geografis berada dalam kawasan hutan.

Arbain menambahkan masing-masing desa hanya perlu menyiapkan alat penangkap sinyal dengan menggunakan dana desa agar layanan internet bisa terjangkau.

Sebelumnya Diskominfo setempat telah menyediakan layanan internet gratis bagi masyarakat Kabupaten Tabalong di 14 lokasi.

Lokasi internet gratis tersebar di ruang terbuka hijau maupun ruang publik Kecamatan Murung Pudak, Tanjung, Haruai, Muara Uya, Kelua dan Jaro.

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022