Balangan - (Antaranews Kalsel) - Berbagai gelaran menyambut Hari Jadi Kabupaten Balangan, yang kini berusia 13 tahun jatuh pada tanggal 8 April, di antaranya kegiatan bersepeda onthel dari Banjarmasin-Balangan.

Dimulai dengan rangkaian pawai ratusan sepeda onthel dari anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kalimantan Selatan, Timur dan Tengah yang berkumpul di Kabupaten Balangan, Minggu (27/3) dalam rangka memeriahkan hari jadi Bumi Sanggam

Bupati Balangan H Ansharuddin dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bidang Pariwisata Disporaparbud Balangan, Rabu mengungkapkan, terimakasihnya kepada seluruh anggota Komunistas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Kalimantan yang turut berpartisipasi memeriahkan hari jadi Kabupaten Balangan ke 13.

Sementara itu Sunarno (63) Ketua Sepeda Antik Banjarmasin (Saban) mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Balangan.

Semoga kedepannya peminat sepeda onthel Balangan bahkan Indonesia akan terus bertambah, baik penghobi maupun para kolektor sepeda tua tersebut, sehingga bisa memperkenalkan bumi sanggam di kalangan komunitas sepeda tua se-Indonesia," ujarnya.

Kedepan, Ia mengatakan, Kalimantan Selatan akan menjadi tuan rumah gelaran peringatan sepeda tua se-Indonesia, dan akan mengambil tempat di Banjarmasin.

"Sekitar bulan Agustus nanti, Kalsel akan menjadi tuan rumah peringatan sepeda tua se-Indonesia yang akan dipusatkan di ibukota provinsi, di Banjarmasin," ungkapnya.

Sementara itu salah satu penghobi sepeda onthel yang mengoleksi belasan sepeda tua, HM Zalfi HB (60) dari Banjarmasin, rela menempuh perjalanan selama dua hari untuk mencapai Balangan bersama anak dan rekannya.

"Saya bersama anak saya, H Akhmad Hafizi HB, Suparmin dan enam rekan lainnya, dari Banjarmasin menaiki sepeda onthel untuk mencapai Kabupaten Balangan, Alhamdulillah kami tidak mengalami kendala diperjalanan," tuturnya.

Dengan jarak 222,5 kilometer, yang biasa ditempuh dengan waktu kurang lebih lima jam menggunakan mobil, mereka lakukan hanya dengan menaiki sepeda tua, demi turut serta memeriahkan hari jadi bumi sanggam.

Bahkan ia mengungkapkan, perjalanan ini bukan hanya dilakukan untuk sekali perjalanan, namun perjalanan kembali dari Balangan ke Banjarmasinpun akan mereka tempuh kembali dengan mengayuh sepeda onthel tersebut.

"Kami sudah terlatih, bahkan sebelumnya kami melakukan perjalanan pulang pergi dari Banjarmasin menuju Tabalong, untuk wilayah Kalsel, hanya arah Kotabaru yang belum kami jalani dengan bersepad onthel," tuturnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016