TK Harapan Masa Desa Habau Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong yang berdiri sejak tahun 1997 sudah konsisten menerapkan Pendidikan Holistik Berbasis (PHBK) di sistem pembelajarannya.

“Saya melihat di sini baik dari pola asuh orang tua dan bagaimana guru mentreatment anak didiknya sehingga itu menjadi hal yang sangat menarik bagi kami, di mana saat anak datang guru menyambut dengan emosi yang sangat positif,”  kata Community Development Adaro Mineral Indonesia Kabupaten Murung Raya, Gesta Lionanda

PAUD ini  menjadi salah satu PAUD inti Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) dan  sudah mengimbaskan penerapan PHBK kelima sekolah dan lembaga yang ada disekitarnya.

Penerapan PHBK juga tidak hanya pada lingkup PAUD saja namun  pada masyarakat sekitar dan lembaga pendidikan lainnya seperti Taman Pendidikan Al Quran (TPA).

Melihat penerapan PHBK yang sudah berhasil diterapkan di TK Harapan Masa, Gesta mengaku tertarik dan berniat mengadopsi penerapan PHBK seperti yang ada di TK Harapan Masa.

Sebanyak tiga PAUD imbas dan satu PAUD inti binaan YABN yang berada di Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah melakukan studi banding ke TK Harapan Masa pada 1 November 2022.

 Gesta berharap para guru yang telah melakukan studi banding mendapatkan wawasan seluas-luasnya saat berkunjung serta mampu mengadopsi penerapan PHBK yang lebih intensif lagi di sekolahnya masing-masing.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Masriani, Kepala TK Harapan Masa bersama 8 guru menyambut kedatangan guru-guru PAUD Murung Raya dengan positif dan penuh semangat.

Pada kesempatan ini para guru yang datang dikenalkan dengan pengimplementasian PHBK yang diterapkan sejak para murid datang ke sekolah hingga pulang kembali ke rumah serta saling berdiskusi terkait pentingnya kerja sama antar para guru serta konsistensi penerapan PHBK yang terus terjaga dengan baik.

 “Kita perkenalkan pembelajarannya dimulai dari penyambutan anak hingga masuk kelas berdoa, kegiatan jurnal, pilar, sentra, literasi, penutup dan doa,” jelas Masriani.

Selain kunjungan ke TK Harapan Masa, peserta studi banding juga berkunjung ke TK Antasari Sungai Buluh, TK Teratai Halong, dan TK Pembina Parsel pada 31 Oktober dan 1 November 2022.(adv)

Pewarta: *

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022