Atlet muaythai putri Novia Amelia  menyumbang emas pertama bagi kontingen Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalimantan Selatan 2022 di Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Bertanding di Lapangan Tenis Antaluddin yang menjadi arena cabang olahraga (cabor) muaythai, Novi sukses menyudahi lawannya  dari Kabupaten Tanah Laut belum genap satu ronde. 

Ketua Muaythai HSU, Suhaimi di Kandangan, Sabtu, bersyukur emas pertama bagi kontingen Kabupaten HSU datang dari atlet binaannya.

"Kami sangat bangga dan terharu karena atlet kami yang selama ini berlatih tak kenal lelah akhirnya menjadi juara, bahkan menyumbang medali emas pertama bagi Hulu Sungai Utara," ujar Suhaimi.
 
Atlet Muay Thai Puteri asal Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Novia Amelia bersama pelatih di Ajang Porprov XI Kalsel 2022 di Kandangan, Sabtu (5/11/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Suhaimi mengatakan prestasi atletnya tak lepas dari dukungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) HSU dan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten HSU, baik secara moril maupun materil dalam pembinaan atlet muaythai. 

Pelatih muaythai HSU lainnya, Ichi  mengaku bersyukur dengan raihan emas yang berhasil disumbangkan oleh cabor ini sebagai pelengkap capaian target bagi cabor muaythai.

"Alhamdulillah selain Novia Amelia yang berhasil menyumbangkan emas, tiga atlet muaythai HSU lainnya juga berhasil menyumbangkan perunggu," katanya.

Dari tujuh atlet muaythai yang dikirim, empat di antaranya berhasil meraih medali yaitu Novia Amelia satu emas dan Ramadhan, Jordi serta Tasya masing-masing satu perunggu.
 
Cabor Muay Thai yang digelar di ajang Porprov XI Kalsel 2022 di Kandangan, Sabtu (5/11/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Selain itu, ia juga bangga dari empat  atlet muaythai Kalimantan Selatan yang bakal dimasukkan ke dalam seleksi nasional (seleknas) pada 2023 mendatang, Novia Amelia menjadi salah satu di antaranya. 

Sementara itu, saat ditemui usai bertanding, Novia Amelia mengaku senang dengan raihan prestasi kali ini. 

Atlet muaythai berusia 23 tahun ini bahkan tak menyangka bisa dengan mudah masuk ke babak final sampai meraih medali emas. 

"Bahagia sekali bisa menang juara satu, untuk lawan kemarin dari HST, Tanah Bumbu dan kali ini di fitnal dari Tala," katanya.

Dari informasi yang dihimpun, Daftar Perolehan Sementara Medali Kontingen HSU yaitu  cabor bulu tangkis (beregu) menyumbangkan satu perunggu, satu emas, cabor drum band  dua perunggu, cabor muaythai menyumbang satu emas, tiga perunggu, dan cabor karate satu perunggu. 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022