Gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Selatan XI Tahun 2022 akan menjadi ajang ukir prestasi bagi seluruh atlet yang berlaga, di mana Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan akbar tahun ini.

Bupati HSS H. Achmad Fikry bersama unsur Forkopimda melepas secara resmi para atlet tuan rumah yang diperkuat 716 personil dan akan ikut berlaga di sebagian besar cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Pelepasan berlangsung di depan Stadion 2 Desember, Baluti, Kandangan.

"Pelepasan ini dilakukan untuk turut serta memberikan semangat bagi kontingen HSS, tim kontingen HSS yang dilepas hari ini, berjumlah 716 personil," kata Ketua KONI HSS, H Rahmat Hidayat, Selasa (1/11).

Dijelaskan dia, kontingen HSS terdiri atas 588 atlet dan 128 official yang tersebar di 38 cabor yang diikuti oleh HSS dari total 41 cabor yang dipertandingkan dalam Porprov XI Kalsel ini. Seluruh atlet yang ikut juga sudah difasilitasi dengan asuransi.

Baca juga: Wabup HSS pimpin apel kesiapsiagaan pengamanan Porprov XI

Pihaknya juga menerjunkan para pelatih di seluruh cabor yang diikuti, dan untuk Porprov kali ini kontingen HSS menargetkan prestasi minimal berada di posisi lima besar.

Bupati H Achmad Fikry mengatakan para atlet HSS harus mampu membawa nama harum HSS, apalagi kali ini sebagai tuan rumah pelaksana.

"Sebagai tuan rumah kita punya dua misi yang cukup berat, yakni sukses mengukir prestasi dengan berusaha untuk menjadi yang terbaik, serta sukses pula sebagai tuan rumah yang baik dan ramah bagi para kontingen kabupaten lainnya," katanya.

Dia menginginkan agar setiap cabor berusaha untuk memberikan yang terbaik, dengan meraih target medali emas, karena poin perbedaan derajat antara medali emas, perak dan perunggu itu sangat besar.

Ia  mengajak para anggota kontingen HSS agar juga memegang prinsip prestasi dengan dukungan do'a, sehingga tidak ada alasan untuk meninggalkan ibadah, agar ikhtiar dan do'a bisa selalu beriringan sehingga Allah Subhanahu WaTaala akan memberikan kemudahan.

Pemkab HSS akan memberikan bonus bagi para atlet yang mampu meraih medali untuk HSS, selain itu ia juga mengharapkan masyarakat HSS bisa ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini.

Baca juga: Enam ribu atlet akan berkompetisi di ajang Porprov XI Kalsel

"Khususnya kepada para pedagang kita agar tidak menaikkan harga makanan dan minuman terlalu tinggi, sehingga image HSS tetap terjaga dengan baik selaku tuan rumah," katanya.

Dalam kesempatan ini sebagai tanda pelepasan, bupati menyerahkan bendera kontingen kepada Ketua KONI HSS, dirangkai penyerahan bantuan fasilitas untuk sarana untuk setiap cabor secara simbolis dengan nominal masing-masing.

Juga penyerahan simbolis Kartu BPJS Ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan HSS kepada perwakilan atlet HSS

Porprov akan berlangsung dari 1 sampai dengan 13 Nopember 2022 di HSS, dengan venue pertandingan yang tersebar di beberapa tempat di HSS, termasuk di Daha, Nagara.

Turut dalam kegiatan pelepasan, seluruh atlet dan official dari kontingen HSS dari beragam cabor dengan mengenakan kaos dan seragam warna hijau.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022