Tim sepakbola Provinsi Jawa Tengah berhasil juara pada Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) Zona III tahun 2022 usai menundukkan tim sepakbola pelajar tuan rumah Provinsi Kalimantan Selatan lewat adu penalti.

Final cabang olahraga sepakbola Pra Popnas zona III antara Jateng dan Kalsel berlangsung di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Kalsel, Selasa.

Jateng berhasil mengalahkan Kalsel dalam drama adu penalti dengan skor 5-4.

Dalam 90 menit pertandingan normal dan tambahan waktu 2x10 skor tetap imbang 1-1. Gol dari Kalsel dicetak oleh Alpianor di menit 39, sedangkan dari Jateng gol dicetak oleh Fadhilah Tegar pada menit 77.

Dengan kemenangan adu penalti tersebut, Jateng berhak meraih medali emas, Kalsel harus puas dengan medali perak, sedang medali perunggu diraih tim sepakbola pelajar Yogyakarta.

Meski kalah, tim sepakbola pelajar Kalsel tetap mendapatkan tiket untuk berlaga di Popnas ke-16 tahun 2023 di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang menyaksikan pertandingan laga final cabang olahraga sepakbola Pra Popnas tersebut tetap mengapresiasi tim provinsinya yang tidak dapat mewujudkan meraih medali emas.

"Harus tetap semangat, permainan sudah sangat bagus, karena nasib saja harus kalah di adu penalti, masa depan pertandingan selanjutnya harus dipersiapkan," ujar Paman Birin.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel H Hermansyah juga tetap memberi pujian bagi tim daerahnya yang sudah sangat baik hingga berhasil menembus final tersebut.

"Tim sepakbola pelajar Kalsel tetap lolos ke Popnas 2023, ini yang penting dipersiapkan lagi," ujarnya.

Adapun Pra Popnas zona III di Kalsel yang dimulai 25 Oktober hingga 2 November tersebut diikuti tujuh provinsi, yakni Kalsel, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bali, Banten, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Sebanyak delapan cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu bola basket, bola voli, bulutangkis, pencak silat, sepakbola, sepak takraw, tenis dan tinju.
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan para pemain sepakbola pelajar Kalsel di Pra Popnas Zona III di Kalsel, Selasa (1/11/2022). ANTARA/Sukarli

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022