Kontingen pelajar Provinsi Kalimantan Selatan sudah mengumpulkan empat medali emas hingga berada di peringkat pertama klasemen sementara Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) Zona III Tahun 2022 di Kalsel.

"Sementara Kalsel bertengger di urutan teratas perolehan medali emas," ujar Ketua Panitia Pra Popnas Zona III Tahun 2022 di Kalsel, Fitri Hernadi, di Banjarmasin, Minggu.

Menurut dia, empat medali emas yang didapat kontingen Kalsel dari cabang olahraga tinju.

Dua petinju Kalsel yang di antaranya meraih medali emas adalah Sopana Anandalia yang turun di kelas 50 kg dan Belandina di kelas 60 kg.

Kalsel bisa mendulang banyak medali di cabang olahraga ini karena menurunkan 10 petinju, bahkan lima di antaranya masuk final hingga meraih medali emas.

Menurut dia, selain cabang olahraga tinju, Kalsel juga memiliki potensi untuk menambah pundi-pundi emas di cabang olahraga pencak silat.

"Karena ada beberapa atlet yang juga masuk final dan semifinal," tuturnya.

Selain itu juga, Kalsel juga masuk final di cabang olahraga takraw .

Sementara di cabang olahraga sepakbola, Kalsel melaju ke semifinal.

"Tim voli putri Kalsel juga masuk semifinal," tuturnya.

Sementara itu, kata pria yang menjabat Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel ini, untuk cabang olahraga basket, kontingen putra dan putri Kalsel berat untuk menuju final 

Demikian juga, ungkap dia, untuk tim bulutangkis putri Kalsel.

"Tapi kita optimis dengan semangat juang para atlet Kalsel bisa mempertahankan peringkat pertama perolehan medali emas hingga akhir Pra Popnas Zona III ditutup pada 1 November 2022," ujar Fitri.

Sementara itu, dari tujuh provinsi peserta, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah dan Bali masing-masing meraih satu medali emas.

Pra Popnas Zona III di Kalsel diikuti Kalsel, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bali, Banten, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan delapan, yakni bola basket, bola voli, bulutangkis, pencak silat, sepakbola, sepak takraw, tenis dan tinju dengan arena pertandingan tersebar di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Pra Popnas ini sebagai ajang seleksi untuk para atlet menuju Popnas ke-16 tahun 2023 yang dilaksanakan di Sumatra Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung.



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022