Tiga petinju Provinsi Kalimantan Selatan, dua putri dan satu putra, menang di hari pertama tanding Pra Pekan Olahraga Pelajaran Nasional (Pra Popnas) Zona III tahun 2022 di Banjarmasin, Kalsel.

Pertandingan cabang olahraga tinju dilangsungkan di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, Jumat.

Tiga petinju Kalsel yang menang di hari pertama pertandingan Pra Popnas zona III yang diikuti tujuh provinsi tersebut adalah Ferah, yang turun pada kelas 50 kg melawan petinju Banten Shafana Anandia.

Selanjutnya, Olympica S Tamelab yang turun di kelas 57 kg melawan petinju DI Yogyakarta Isabella Husnul S. 

Petinju ketiga Kalsel yang berhasil menang adalah Tri Ahmad yang berlaga di kelas 48 kg melawan petinju Banten Aqasyah Ryu.

"Hari ini empat petinju kita turunkan, hanya satu kalah dengan petinju Jawa Tengah," ujar pelatih cabang olahraga tinju Kalsel Simeon Timelab.

Kalsel menurunkan 10 petinju dengan target bisa mendulang medali sebanyak-banyaknya pada Pra Popnas yang berlangsung dari 25 Oktober hingga 2 November 2022.

Simeon mengatakan kekuatan semua atlet pada Pra Popnas merata, hingga tidak ada daerah yang terlalu mendominasi, termasuk Kalsel sebagai tuan rumah.

"Kita terus memompa semangat para atlet kita untuk bertanding sebaik-baiknya, dan bertekad meraih medali," paparnya.

Pra Popnas Zona III tahun 2022 di Kalsel diikuti tujuh provinsi, yakni Kalsel, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bali, Banten, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak delapan, yaitu bola basket, bola voli, bulutangkis, pencak silat, sepakbola, sepak takraw, tenis dan tinju dengan arena pertandingan tersebar di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar.

Pra Popnas ini sebagai ajang seleksi untuk para atlet menuju Popnas ke-16 tahun 2023 yang akan dilaksanakan di Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022