Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) zona III di Provinsi Kalimantan Selatan resmi dibuka Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dengan peserta tujuh provinsi.

Pembukaan seremoni Pra Popnas zona III tahun 2022 yang dihadiri seluruh peserta dilaksanakan di Gedung Olahraga Hasanuddin HM di Kota Banjarmasin, Kalsel, Rabu malam.

Tujuh peserta tersebut, kontingen tuan rumah Kalsel, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bali, Banten, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Ketua Panitia Pelaksanaan Pra Popnas zona III, Fitri Hernadi melaporkan, sebanyak 1.800 orang dari atlet, pelatih, ofisial dan lainnya terlibat pada perhelatan olahraga ini terhitung 25 Oktober hingga 2 November 2022.

Pra Popnas ini, ungkap dia, sebagai ajang seleksi untuk para atlet menuju Popnas ke-16 tahun 2023 yang dilaksanakan di Sumatra Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut dia, delapan cabang olahraga yang dipertandingkan di Pra Popnas zona III ini sebagaimana dipertandingkan juga di Popnas ke-16 tahun 2023.

Adapun delapan cabang olahraga yang dipertandingkan itu adalah bola basket, bola voli, bulutangkis, pencak silat, sepakbola, sepak takraw, tenis dan tinju.

Untuk arena pertandingan tersebar di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor meminta semua pertandingan bisa berjalan lancar, menjunjung sportifitas, penuh dengan prestasi dan memiliki jiwa satria menerima semua hasilnya.

Dia menyatakan, ajang ini sebagai kemajuan olahraga nasional, untuk memunculkan atlet muda berprestasi di tingkat nasional hingga internasional.

Selebihnya dia meminta semua melaksanakan pertandingan dengan tetap merasa riang dan gembira.

Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel ini menyatakan, masyarakat Kalsel menyambut hangat kedatangan para kontingen dari berbagai provinsi.

Dia pun menawarkan agar para peserta nantinya mengunjungi objek wisata di provinsi Kalsel.

"Kunjungilah objek wisata kami sebelum pulang," paparnya.

Di Kalsel ada beberapa objek wisata andalan, seperti Siring Sungai Martapura di Banjarmasin, Pasar Terapung di Lokbaintan Kabupaten Banjar, objek wisata alam Kiram Park dan Tahura Mandiangin juga Bukit Batu di Kabupaten Banjar.

Pembukaan seremoni Pra Popnas zona III di Kalsel dihibur band ibukota, D'Masiv.
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat membuka secara resmi Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) zona III di Kalsel berlangsung di GOR Hasanuddin HM Banjarmasin, Rabu malam.(ANTARA/HO)
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat membuka secara resmi Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) zona III di Kalsel berlangsung di GOR Hasanuddin HM Banjarmasin, Rabu malam.(ANTARA/HO)

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022