Untuk kesekian kalinya PT Adaro Energy Indonesia (Adaro) memberikan dukungan dan bantuan bagi Tim Wasaka Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru untuk memproduksi mobil hemat energi senilai Rp10 juta.

Mobil yang diberi nama “Antasari Evo II” , yang merupakan upgrading dari mobil sebelumnnya, akan mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi 2022 yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sam Guntur, mewakili Adaro Nyalakan Ilmu dari Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) mengatakan apresiasi dan rasa syukur atas karya serta inovasi Tim Wasaka hingga bisa masuk lima besar Kontes Mobil Hemat Energi 2022 yang akan digelar di Kota Surabaya.

"Kami berharapa Tim Wasaka bisa menoreh prestasi yang lebih baik di ajang nasional dan Adaro bersyukur support yang diberikan bisa bermanfaat," jelas Guntur, Minggu.

Sebelumnya Adaro juga memberikan bantuan serupa pada Kontes Mobil Hemat Energi 2021 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Tim Wasaka berhasil mengharumkan nama banua dengan meraih juara ketiga.

Hadirnya mobil hemat energi ini diharapkan dapat menjadi inovasi alternatif dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan dan tentunya membutuhkan dukungan dari semua pihak.

Manager Tim Wasaka Muhammad Hendrawan Septian Hartoyo mengatakan proses pembuatan mobil hemat energi ini cukup singkat.

"Sekitar tiga sampai enam bulan proses pembuatannya yang diimbangi dengan kegiatan masing-masing mahasiswa maupun tenaga pengajar dalam Tim Wasaka," jelas Hendra.
 
Antasari Evo II  yang akan ikut Kontes Mobil Hemat Energi 2022. (Antara/Herlina Lasmianti)
Saat ini tim sendiri tengah mempersiapkan lomba yang akan berlangsung di Sirkuit Gelora Bung Tomo pada tanggal 30 Oktober 2022 – 04 November 2022 dengan UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai tuan rumah.

Rencananya tujuh anggota Tim Wasaka akan bertolak ke Kota Surabaya didampingi dosen pembimbing Muhammad Nizar Ramadhan, ST, MT.

Anggota tim adalah Muhammad Vicco Wellson Nur, Fadhillah W, Agus Yoga Pangestu, Muhammad Hendrawan Septian Hartoyo, Muhammad Dimas Prayoga, Ahmad Sabirin Noas, Mawardi dan Agusnaedi.

Tahun ini tim wasaka akan bersaing dengan empat tim lainnya yaitu Garuda UNY, Sapuangin ITS, Semar UGM dan Sadewa UI.
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022