Tim Wasaka Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan kembali menorehkan prestasi setelah masuk lima besar kontes mobil hemat energi 2022 yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Manager tim mobil Wasaka Muhammad Hendrawan Septian Hartoyo mengatakan sebelumnya tim lolos beberapa tahap seleksi mulai dari seleksi administrasi hingga seleksi laporan desain & virtual tehcnical inspection.

"Kategori yang diikuti  sama seperti tahun sebelumnnya, yaitu kategori Urban Concept & Kelas Mesin Pembakaran Dalam Gasoline," jelas Hendrawan, Minggu.

Lomba ini sendiri akan berlangsung di Sirkuit Gelora Bung Tomo  30 Oktober 2022 sampai November 2022 dengan UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai tuan rumah.

Tahun ini tim wasaka akan bersaing dengan empat tim lainnya yaitu Garuda UNY, Sapuangin ITS, Semar UGM dan Sadewa UI.

 Tentunya ini menjadi suatu tantangan bagi tim Wasaka untuk tetap berprestasi seperti even sebelumnya berhasil meraih juara ketiga KMHE 2021 pada kategori yang sama.

Dengan membawa mobil yang diberi nama “Antasari Evo II”  merupakan upgrading dari mobil sebelumnnya.

Dosen pembimbing Muhammad Nizar Ramadhan ST MT berharap dapat meraih hasil yang lebih maksimal dan bisa mengulang kesuksesan tahun kemarin.

Ia mengatakan proses upgrading & persiapan mobil ini memakan waktu sekitar tujuh bulan. Perbedaan yang ditonjolkan ialah pada model mobil yang baru dan berat mobil yang sudah direduksi pada tahun ini .

 Sedangkan motifnya masih menggunakan gambar burung enggang yang melambangkan ciri khas dari hewan endemik Kalimantan.

Jumlah anggota tim  yang akan bertolak ke Kota Pahlawan  sebanyak tujuh orang didampingi satu dosen pembimbing Muhammad Nizar Ramadhan ST MT.

Anggota tim  masing-masing Muhammad Vicco Wellson Nur, Fadhillah W, Agus Yoga Pangestu, Muhammad Hendrawan Septian Hartoyo, Muhammad Dimas Prayoga, Ahmad Sabirin Noas, Mawardi dan Agusnaedi.

 Sementara itu peluncuran mobil "Antasari Evo II" Minggu (23/10) oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Ir M Fauzi MP didampingi Dekan Fakuktas Teknik ULM DrBani Noor Mochamad ST MP dan perwakilan PT Adaro Indonesia, Sam Guntur.
 
Foto Antaranews.Kalsel/herlina lasmianti (Herlina Lasmianti)
"Kegiatan mengikuti kontes ini harus punya makna penting sebagai bagian kegiatan akademik dan bekal setelah menjadi alumni," jelas Fauzi.

Peluncuran ditandai dengan penyiraman air kembang ke mobil karya tim mobil Wasaka dengan harapan bisa meraih sukses di kontes mobil hemat energi 2022.

Sebagai salah satu sponsor diproduksinya mobil hemat energi PT Adaro Energy Indonesia yang diwakili Sam Guntur menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih tim Wasaka bisa mengilkuti kontes di tingkat nasional.

"Alhamdulillah selaku sponsor Adaro bisa memberi manfaat bagi tim dan bantuan bisa tepat sasaran karena sesuai peruntukkannya," ungkap Guntur.

Ia menyampakan Adaro di usia ke-30 tahun bisa lebih eksis memberikan bantuan kepada masyarakat termasuk perguruan tinggi demi kemajuan daerah.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022