Sebanyak 39 anggota pramuka, terdiri atas 20 Pramuka Garuda Penggalang dan 19 Pramuka Garuda Penegak, dilantik dan dikukuhkan sebagai Pramuka Garuda oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka HSS, Syamsuri Arsyad, di pendopo wakil bupati.

Mereka yang dilantik berasal dari berbagai sekolah di Hulu Sungai Selatan setelah melewati uji kelayakan dan seleksi ketat oleh tim seleksi dari Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka HSS.

"Kami mengucapkan selamat kepada anggota pramuka yang sudah dilantik hari ini, karena sudah lolos seleksi dari sekian ribu anggota pramuka di HSS," kata Syamsuri Arsyad yang juga Wakil Bupati HSS, di Kandangan, Jumat (21/10).

Dijelaskan dia, Pramuka Garuda ini merupakan orang-orang pilihan yang sudah teruji dan memiliki kecakapan serta loyalitas dalam pramuka.

Baca juga: Wabup HSS sebut kepramukaan membuat generasi muda lebih baik

Ini juga sekaligus sebagai pemberi gambaran kepada masyarakat bahwa pramuka itu tidak sekadar tepuk tangan dan menyanyi, tetapi di dalamnya ada pembekalan nilai-nilai kepribadian, kecakapan serta pengetahuan yang ditanamkan sedari dini.

Kwarcab Pramuka HSS, telah berhasil mengikutkan delapan putra dan delapan putri pada pelaksanaan Jambore Nasional di Cibubur Jakarta.

"Dalam waktu dekat kembali akan dilaksanakan Raimuna Cabang yang, untuk waktu dan tempatnya masih dalam pembahasan kita," katanya.

Ada pula lomba tingkat yang akan dilaksanakan secara berjenjang sampai nasional. HSS akan mengikutkan satu regu secara penuh untuk ikut bersaing nanti.

Baca juga: Ziarah makam tokoh isi peringatan Hari Pramuka di HSS

Terakhir, ia juga mengharapkan dukungan orang tua bagi ana-anak mereka yang ikut terlibat dalam keanggotaan kepramukaan.

"Mari selalu mendo'akan serta mempercayakan anak-anak kita untuk dididik dalam kepramukaan, agar mereka bisa menjadi pribadi yang kuat dan kokoh serta lebih jauh mampu untuk berorganisasi," katanya.
 
Adapun Pramuka Garuda merupakan status bagi seorang anggota muda Gerakan Pramuka yang telah mencapai kecakapan.

Status ini merupakan bentuk penghargaan tertinggi pada masing-masing jenjang pendidikan kepramukaan, baik itu Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022