Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS),  H. Achmad Fikry mencanangkan Desa Gambah Luar sebagai Desa Cinta Statistik (Cantik) pertama di Kabupaten HSS. Pencanangan ini digelar Badan Pusat Statistik (BPS) HSS bekerjasama dengan Pemkab. HSS.

Kepala BPS HSS Agung Setiawan Prasetya, di Gambah Luar mengatakan desa statistik level desa digunakan sebagai dasar dan acuan pembangunan yang lebih akurat.

"Desa statistik atau desa cantik  kita merupakan puing-puing BPS dalam pembinaan statistik sektoral di level desa, yang didukung oleh pemerintah daerah," katanya, dalam laporan kegiatan, Kamis (20/10) kemarin.

Dijelaskan dia, hal ini mengingat desa merupakan institusi publik yang paling dekat dengan masyarakat, dan sekaligus menjadi ujung tombak pembangunan.

Baca juga: Bupati HSS buka rakor peningkatan kontribusi industri pengolahan

Desa statistik bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa dalam mengelola dan memanfaatkan data statistik ke dalam bentuk pengelolaan, penyajian hingga pengarsipan data.

Tujuannya agar meningkatnya kualitas data yang lebih baik, sehingga pembangunan yang dilaksanakan pemerintah lebih tepat sasaran.

Bupati H Achmad Fikry menyampaikan apresiasinya atas pembentukan Desa Cantik sebagai upaya percepatan dan penguatan statistik sektoral secara nasional sebagai salah satu implementasi program satu data Indonesia.

“Data itu penting, data itu bisa bicara, dengan data kita dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengambil keputusan,” katanya.

Baca juga: Pemkab HSS bentuk unit pemberantas pungli

Ia berharap dengan jajaran perangkat Desa Gambah Luar yang dicanangkan, dengan segala bimbingan dan pengawalan dari BPS HSS dapat menunjukkan bahwa desanya dapat menjadi contoh penggerak bagi desa lainnya.

Desa tersebut juga diharapkan dapat memberikan kesadaran bagi pemerintah desa akan pentingnya pengembangan data statistik dalam pembangunan.

“Kita mulai dengan Desa Gambah Luar, kita ingin merapikan data di 144 desa empat kelurahan, karena dari data itulah nanti akan bicara ke depan HSS mau kita bawa kemana arahnya,” katanya.

Turut hadir, Kepala Dinas Kominfo HSS Hj Rahmawaty, Camat Kandangan Syamsuri bersama Forkopimcam, Kepala Desa Gambah Luar serta pihak terkait lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022