Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi Informatika (BPSDMP) Kominfo Banjarmasin, Kalimantan Selatan melatih  100 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tentang Digital Enterpreunership Academy (DEA).
 
Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Banjar M Aidil Basith di Banjarbaru, Jumat, mengatakan pelatihan ini sejalan dengan visi Bupati Saidi Mansyur yang menginginkan Kabupaten Banjar makin maju dan diharapkan bisa mendukung UMKM semakin berkembang.
 
Peserta akan diberi materi dasar-dasar kewirausahaan digital dari trainer dan diharapkan juga bisa melakukan sharing ke pelaku UMKM lainnya.
 
"Kami berharap, peserta pelatihan mampu memanfaatkan pelatihan sesuai motto siapa yang menguasai informasi akan menguasai dunia sehingga lahir digipreur aktif dan melek digital," harapnya.
 
Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin Abdul Rahman Harahap menjelaskan, pelatihan ini merupakan salah satu upaya Kemenkominfo mengembangkan pembangunan SDM melalui industri UMKM.
 
"Tujuannya agar pelaku UMKM memiliki kemampuan berwirausaha secara digital. Mereka bisa belajar mengelola keuangan bisnis pakai aplikasi, cara mendapatkan modal hingga memasarkan produk secara digital," katanya.
 
Selain itu, peserta juga diharapkan mampu merencanakan, membuat, mendistribusikan informasi produk melalui digital termasuk mengelola keuangan dan menyusun laporan keuangan secara digital.
  
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022