Kodim 1001/HSU-Balangan siap mendukung penuh upaya penertiban tambang ilegal di Kabupaten Balangan oleh pihak terkait yakni Polres dan Kejaksaan Negeri Balangan.

"Kodim 1001/HSU-Balangan akan mendukung penuh upaya penertiban serta penegakan hukum oleh Polres dan Kejari Balangan terkait adanya tambang ilegal ini," kata Dandim 1001/HSU-BLG Dhuwi Hendradjaja melalui Pasi Intel Kapten Cba Virgo Eviryansyah saat mengikuti rakor penanggulangan konflik sosial di Aula Polres Balangan, Kamis.

Menurut dia, perlu adanya peran serta TNI dan Polri dalam menegakkan hukum guna membantu menjaga stabilitas, keamanan dan kenyamanan warga khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Balangan.

Dia melanjutkan, dimana peran TNI/Polri selaku penegak hukum dan mengayomi masyarakat menentang adanya tambang ilegal di wilayah Balangan karena akan berdampak negatif dan merugikan masyarakat setempat.

Oleh karena itu, perlu juga adanya tim terpadu dalam rangka penegakan hukum sebagai upaya pencegahan tambang ilegal di wilayah hukum Kabupaten Balangan.

Dia berharap, penanggulangan konflik sosial yang ada di Kabupaten Balangan bisa teratasi dengan dukungan penuh dari instansi terkait. 

Sementara Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin pada rakor tersebut, menyimpulkan bahwa telah disepakati akan dibentuk tim gabungan terpadu yang melibatkan instansi terkait.

"Kami telah menyimpulkan nanti akan membentuk tim terpadu, yang mana langsung diberikan surat keputusan oleh Bupati Balangan guna menutup penambangan batu bara ilegal di Balangan, agar menyelesaikan akar permasalahan supaya tidak terjadi konflik sosial," ucap Zaenal.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022