Ratusan warga telah melengkapi berkas pendaftaran sebagai calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk pelaksanaan Pemilu 2024 di kantor Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Selasa (27/9).

"Hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran dan sampai pukul 11.00 ini sudah ada sebanyak 175 orang. Kemungkinan akan terus bertambah sampai penutupan pendaftaran pukul 17.00 Wita nanti," kata Ketua Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan yang juga Kordiv SDMO Bawaslu Kabupaten HST Yusran.

Menurut Yusran, setelah lulus administrasi, peserta calon panwascam tersebut akan mengikuti tes tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT) yang akan digelar di SMKN 1 Barabai.

"Sesuai petunjuk Bawaslu, pelaksanaan CAT direncanakan tanggal 14,15 dan 16 Oktober 2022. Hasil koordinasi dengan pihak SMK mereka hanya mempunyai sekitar 80 komputer, jadi peserta yang hampir 200-an itu akan kita bagi beberapa sesi," katanya.

Diterangkannya, pendaftar untuk 11 kecamatan dari kemarin sudah terpenuhi target dua kali kebutuhan Panwascam dan 30 persen keterwakilan perempuan sesuai aturan. "Jadi, kita tidak akan melakukan perpanjangan pendaftaran," kata Yusran.

Dikatakannya, untuk 11 kecamatan di HST, pihaknya memerlukan sebanyak 33 orang panwascam dan di masing-masing kecamatan sebanyak tiga orang.

"Setelah tes CAT, tahapan selanjutnya adalah tes wawancara yang akan digelar dari tanggal 18 hingga 22 Oktober dan pelantikan panwascam akan dijadwalkan pada 26 Oktober mendatang," tutupnya.

 

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022