Pemerintah Kabupaten Tabalong berhasil meraih juara pertama Geospasial Banua Award 2022 yang diprakarsai Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Provinsi Kalimantan Selatan.

Penghargaan Geospasial Banua Award diterima Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Jumat (23/9).

Event ini menjadi yang pertama di Indonesia dengan harapan mendorong pemerintah kabupaten/kota dan SKPD di Provinsi Kalimantan Selatan meningkatkan pelaksanaan simpul jaringan informasi geospasial dan satu data.

Gubernur Kalimantan Selatan diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalsel H Nurul Fajar Desira mengharapkan simpul jaringan informasi geospasial dapat diaplikasikan dalam penyusunan perencanaan berbasis kewilayahan yang efektif dan efisien.

 "Kabupaten/kota yang belum berhasil meraih penghargaan ini dapat terus meningkatkan kinerjanya," jelas Gubernur Kalsel dalam sambutan tertulisnya.

Wakil Bupati H Mawardi menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas kerja keras SKPD terkait sehingga prestasi tertinggi Geospasial Banua Award tahun 2022 bisa didapat.

"Data yang dihasilkan akan memberi manfaat bagi masyarakat", ucapnya.

Mawardi  berharap Pemkab Tabalong bisa meraih prestasi yang sama mewakili Provinsi Kalsel pada ajang Geospasial Nasional atau yang dikenal dengan Bhumandhala Award.

Kepala Bappeda Kabupaten Tabalong, H Noor Rifani menambahkan perlunya mematangkan data dan peningkatan kapasitas SDM serta meningkatkan kolaborasi dengan seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Beberapa terobosan yang sudah dilakukan Kabupaten Tabalong sehingga sukses meraih hasil maksimal dalam Geospasial Banua Award  2022, yaitu memastikan perencanaan menggunakan data geospasial seperti titik koordinat, RDTR serta titik koordinat.

Termasuk membangun kolaborasi seluruh SKPD dan kerjasama dengan BIG dalam pengumpulan peta-peta dasar serta menyiapkan server mandiri.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022