Kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang telah diumumkan pemerintah pusat beberapa hari yang lalu, tentu membuat sebagian masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terdampak.

Didorong rasa empati kondisi ini, beberapa hari lalu Pemkab HSS mengeluarkan surat imbauan untuk seluruh ASN, untuk sehari pergi ke kantor tidak berkendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak. Imbauan ini dilaksanakan pada Jumat (16/9)  pagi.

Baca juga: Ramah tamah pejabat HSS untuk tingkatkan sinergitas bangun komunikasi

"Hari ini kita melaksanakan gerakan sehari tanpa kendaraan bermotor, ini kami imbau terutama bagi para ASN lingkup Pemkab HSS, terlebih yang menggunakan kendaraan dinas," kata bupati, di Kantor Pemkab HSS.

Dijelaskan dia, ini sekaligus sebagai wujud untuk menghemat BBM dan anggaran, dan gerakan sehari tanpa kendaraan berbahan bakar minyak ini, membuat suasana parkiran Setda HSS sepi, karena banyak yang menggunakan sepeda, jalan kaki atau naik angkutan umum.

Mereka yang datang menggunakan angkutan umum, seperti ojek atau bentor tidak dilarang, karena justru akan menjadi tambahan penghasilan buat masyarakat.

Baca juga: Harga ayam pedaging dan cabe merah kering naik signifikan di Pasar Negara

Bupati HSS pergi ke Sekretariat Daerah pagi ini, hanya dengan berjalan kaki. Ditemani ajudan pribadinya, orang nomor satu di Bumi Rakat Mufakat ini keluar dari kediaman, lantas menyusuri trotoar dari depan rumah dinas sampai ke Sekretariat Daerah.

Sesampai di halaman kantor, bupati disambut Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad dan Sekretaris Daerah H. Muhammad Noor yang kebetulan sudah sampai lebih dulu. Keduanya juga datang menggunakan sepeda masing-masing.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022