Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry bersama Sekretaris Daerah (Sekda), H. Muhammad Noor melakukan peninjauan ketersediaan dan harga bahan pokok di Pasar Tradisional Negara.

Bupati HSS berkeliling Pasar Negara sambil berbincang dengan para pedagang di pasar, serta mendapati informasi ada dua bahan pokok yang secara signifikan mengalami kenaikan harga, yakni ayam pedaging dan cabe merah kering.

“Ada beberapa jenis bahan pokok mengalami kenaikan harga saat pemantauan di pasar nagara, khususnya ayam pedaging mencapai Rp45rb per kilogram dan cabe merah kering mencapai Rp200 ribu per kilogram," kata bupati, Rabu (14/9).

Baca juga: Tiga jenis harga kebutuhan pokok di HSS terpantau naik

Kenaikan ayam pedaging ini membuat para pedagang ayam banyak yang mengeluh dikarenakan harga ayam yang mengalami kenaikan terus menerus, membuat pembeli ayam pedaging mengalami penurunan.

Para pedagang ayam berharap kiranya pemerintah daerah bisa melakukan intervensi atas terjadinya kenaikan tersebut, supaya harga bisa stabil atau turun kembali.

Bupati H Achmad Fikry menyampaikan terkait keinginan para pedagang akan segera melakukan koordinasi dengan Pemprov Kalsel.

Dijelaskan dia, atas keinginan dari para pedagang tersebut maka pemerintah daerah akan segera melakukan koordinasi dengan pemprov, agar sekiranya harga ayam pedaging bisa turun.

Ia juga menjelaskan kenapa harus koordinasi dengan pemprov, karena pemasok ayam pedaging, seperti diketahui tersebar dari beberapa kabupaten atau kota di Kalsel.

Baca juga: Harga bahan pokok HSS terpantau aman jelang Idul Adha

"Jadi harapan kita nanti pemasok ayam pedaging agar bisa menahan harga, sehingga tidak terus naik serta kenaikan harga yang signifikan pada cabe merah kering yang nantinya akan kita laporkan juga, sebab cabe kering datangnya juga dari luar daerah,” katanya.

Pihaknya berharap nantinya setelah dilaporkan ke pemprov bisa dilakukan langkah konkret, dalam menahan terjadinya kenaikan harga yang signifikan pada ayam pedaging dan cabe kering, sedangkan untuk harga bahan pokok lainnya masih stabil dengan harga bervariatif.

Pada peninjauan harga tersebut, turut mendampingi Kapolsek Daha Selatan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS, Kepala Dinas Perdagangan HSS, Kepala Bagian Ekobang HSS, Camat Daha Selatan, serta Perwakilan Kodim 1003 Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022