Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan siap menghadirkan layanan kekayaan intelektual (KI) di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang rencananya launching pada pertengahan bulan Oktober 2022.

"Kami telah melakukan audiensi dalam rangka persiapan pembukaan layanan kekayaan intelektual bersama Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kab. HSS Hj. Elyani Yustika, Sekretaris Dinas Drs. H. Asliansyah," kata Kabid Pelayan Hukum Kanwil Kemenkumham Kalsel Riswandi, Minggu.

Menurut dia, dengan semakin bertambahnya pengetahuan masyarakat terkait pentingnya kekayaan intelektual, antusias masyarakat untuk mendapatkan layanan ini juga semakin meningkat. 

Hal ini yang menjadi dasar langkah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, terutama yang berada di daerah-daerah. 

Beragam layanan Kemenkumham semakin dekat dengan masyarakat, setelah sebelumnya layanan imigrasi hadir di Kabupaten Balangan melalui Unit Kerja Kanim Banjarmasin juga Unit Layanan Paspor di Kabupaten Tapin, kini disusul dengan layanan kekayaan intelektual yang akan hadir di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

"Pemda HSS menunjukkan kepedulian atas potensi keekonomian kekayaan intelektual juga kemanfaatan bagi masyarakat HSS dan sekitarnya," jelas Riswandi. 

Sementara Kakanwil Kemenkumham Kalsel Lilik Sujandi mengakui saat ini semakin marak pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual. Oleh sebab itu diperlukan sebuah perlindungan hukum melalui pengajuan pendaftaran kekayaan intelektual.

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022