Ratusan siswa SMA Negeri 2 Tanjung Kabupaten Tabalong mengikuti Gerakan Aksi Bergizi yang dilaksanakan Dinas Kesehatan setempat, Jumat (9/9).

Gerakan ini untuk mendukung program pemerintah tentang rencana aksi Nasional Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja mengamalkan strategi peningkatan pengetahuan dan keterampilan anak dan remaja.

 "Aksi bergizi ini satu upaya kita meningkatkan peran serta guru, orangtua dan anak sekolah terhadap pentingnya asupan gizi yang baik," jelas Panitia pelaksana kegiatan, Ahmad Hibban.

Gerakan aksi bergizi sendiri merupakan pengembangan metode promosi kesehatan yang mendukung usaha kesehatan sekolah sesuai Perbub Tabalong Nomor 42 Tahun 2019.

Dalam arahannya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong Taufiqurrahman Hamdie mengingatkan pentingnya sarapan sebelum memulai aktifitas dan melakukan aktifitas fisik 30 menit setiap hari.

"Gerakan hidup sehat bisa melalui aktivitas fisik, sarapan pagi dan mengonsumsi tablet," jelas Taufik.

Kegiatan aksi bergizi dibuka Pelaksana Tugas Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Tabalong, Subhan.

“ Gerakan ini diharapkan dapat meningkatnya kesadaran masyarakat tentang hidup sehat dengan cara meningkatkan aktivitas fisik secara teratur dan terukur," ungkap Subhan.

Termasuk rajin mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, tidak merokok dan minum alkohol serta melakukan deteksi dini penyakit secara berkala.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022