Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Jumlah relawan yang peduli terhadap kebersihan di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, diklaim terus meningkat, utamanya yang bergabung di Masyarakat Peduli Sungai (Malingai) dan Forum Komunitas Hijau (FKH). 


Salah seorang pengurus Malingai dan FKH Banjarmasin, H Hasan Zainuddin, dalam sebuah kegiatan bersih-bersih lingkungan dan penanaman pohon di Gor Hasanuddin, Minggu, mengungkapkan, kegiatan komunitasnya terus mendapatkan dukungan masyarakat yang simpati dengan ikut bergabung, hingga saat ini jumlah anggota hampir ratusan.

"Banyak sudah warga yang kita nobatkan sebagai anggota Malingai dan FKH, kita beri topi dan baju bagi mereka yang ingin ikhlas terus bisa berkegiatan demi kebersihan dan kerindangan kota ini," ujarnya.

Hal ini sangat menggembirakan, ucap wartawan senior LKBN Antara ini, sebab semua lapisan masyarakat secara berangsur-angsur mulai menunjukkan keperdulian besarnya terhadap masalah kebersihan dan penghijauan di ibu kota provinsi ini.

"Sebab kalau tidak demikian, siapa lagi yang perduli, inilah tekad ratusan warga yang tergabung di Malingai dan FKH, secara suka rela kita turun kesungai, keselokan, dan jalan-jalan demi kebersihan kota ini," tuturnya.

Demikian pula, ujar dia, pihaknya melakukan penanaman pohon sebagai usaha merindangkan kota ini, karena dengan itu akan bisa bersadakah oksigen bagi alam dan mahluk hidup.

"Semangat teman-teman di Malingai dan FKH sejauh ini sangat besar untuk bisa berbuat demi daerah, inilah yang mendasari kita terus berkegiatan setiap minggunya," papar H Hasan Zainuddin.

Hal ini juga pihaknya lakukan, jelas dia, untuk mensosialisasikan kemasyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan yang hijau adalah tanggungjawab bersama, tidak hanya mengandalkan pemerintah yang tentunya juga memiliki keterbatasan tenaga.

"Kota ini milik kita bersama, tentunya harus kita jaga juga bersama, kebersihan sungai, lingkungan, dan banyaknya pohon, akan kita rasakan bersama juga nikmatnya," tuturnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016