Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Polda Kalimantan Selatan menggelar Operasi Sikat Intan 2016 dengan sasaran para pengemudi mobil yang menggunakan nomor polisi (nopol) non DA atau luar Kalsel.


"Ada puluhan mobil yang menggunakan plat nomor luar Kalsel dan langsung kami lakukan pemeriksaan saat melintas di Jalan S Parman," tuturnya Kabag Binopsnal Dit Sabhara Polda Kalsel AKBP Sigit Komoro di Banjarmasin, Minggu.

Ia mengatakan, pemeriksaan kelengkapan surat menyurat kendaraan roda empat itu terkait dengan banyak mobil dari luar daerah yang belum tertib administrasi.

Kegiatan yang dilakukan itu masuk dalam rangkaian Operasi Sikat Intan 2016 selama sepuluh dengan sasaran mobil selektif prioritas non DA atau plat nomor luar Kalsel.

Dikatakannya, dengan belum banyaknya pengemudi yang tertib administrasi tentu terjadi pelanggaran terutama pada surat menyurat kendaraan yang mereka gunakan.

Sigit yang juga menjabat sebagai Kasatgas Prefentif dalam Operasi Sikat Intan itu mengatakan, selain menertibkan surat menyurat kendaraan, pihak juga menertibkan segala bentuk penyakit masyarakat yang menyimpang di wilayah ini.

"Dalam Operasi Sikat Intan ini semua saling keterkaitan karena pelaksanaannya dilakukan secara gabungan dari bidang Reskrim, Lantas dan Narkoba," ujar pria lulusan Akpol angkatan 1995 itu.

Operasi yang dimulai 20 Februari sampai 29 Februari 2016 itu merupakan salah satu upaya dari Polda Kalsel untuk melakukan pencegahan terhadap suatu tindak kriminal.

"Tujuan operasi ini untuk mencegah suatu tindak pidana agar tidak terjadi dan menciptakan agar wilayah Kalsel tetap kondusif," katanya.

Dia mengatakan, dalam operasi ini, pihaknya tidak akan tebang pilih, siapapun yang kedapatan melanggar aturan langsung ditindak tegas.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016