Sebanyak 87 orang bakal calon anggota Satpol-PP Kabupaten Balangan mengikuti tes kesamaptaan yang dipimpin langsung oleh personel Koramil 1001-02/Paringin di RTH Dispora Balangan.

Pjs Danramil 1001-02/Paringn Pelda Darma Kusuma di Paringin, Jum'at, mengatakan kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 87 bakal calon anggota Satpol-PP yaitu 75 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.

"Tujuan dari diadakan tes fisik kesamaptaan bagi calon anggota Satpol-PP, yaitu untuk menggembleng kesamaptaan jasmani para calon yang telah mendaftar menjadi Satpol PP Balangan," kata Darma.
ANTARA/erde


Dia melanjutkan, tes fisik kesamaptaan yang diambil meliputi kesegaran jasmani (Garjas) A dan B, untuk tes garjas A peserta harus berlari mengelilingi lapangan sepakbola selama 12 menit, yang mana harus mampu mengelilingi minimal sebanyak enam kali dan untuk tes garjas B meliputi push up, sit up dan shuttle run.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Balangan sendiri membutuhkan petugas Satpol PP yang profesional, karena itu proses seleksi penerimaan Satpol-PP dilakukan secara objektif dengan melibatkan anggota dari Koramil dalam seleksi.

"Seleksi ini diharapkan nantinya akan mendapatkan seorang polisi pamong praja yang menguasai dan dapat bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, serta menjadi garda terdepan dalam penegakan peraturan daerah melalui penerimaan yang bersih objektif," harap dia.

Diketahui, Kodim 1001/HSU-Balangan bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Balangan dalam mengadakan tes kesamaptaan bagi calon anggota Satpol-PP baru tahun 2022.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022