Balangan - (Antaranews Kalsel) - Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, periode 2016 - 2021, H Ansharuddin dan H Syaifullah, menaruh perhatian khusus terhadap Sumber Daya Alam (SDA) bumi sanggam.

H Ansharuddin, Jumat di Paringin mengungkapkan, permasalahan akan habisnya kekayaan perut bumi Balangan pascatambang  yang akan dialami Balangan dimasa akan datang menjadi perhatian serius.

Dimana perhatian itu, akan diimplementasikan lewat pengawasan serius dari Pemkab Balangan terhadap keberadaan perusahaan-perusahaan di bumi sanggam yang beroperasi di bidang pertambangan batu bara.

"Pengawasan serius terhadap tambang akan kita lakukan, terlebih dalam hal pelaksanaan reklamasi pertambangan, serta mendorong pemanfaatan potensi SDA berdasarkan kearifan lokal," tegas Ansharuddin.

Selain itu, kata Anshar, perluasan areal pertanian dan perkebunan dengan pemanfaatan lahan tidur, pengembangan perkebunan kelapa sawit serta peningkatan harga karet yang belakangan anjlok akan menjadi langkah strategis menghadapi masa pasca tambang.

"Kita akan menjalin koordinasi dengan pihak perusahaan yang ada di Balangan, untuk mewujudkan semua visi dan misi kita demi kelanjutan dan kesejahteraan bumi sanggam," ujarnya.

Masih banyak lagi hal penting yang mesti kita benahi bersama, yaitu mengembangkan sosial budaya kemasyarakatan melalui bidang keagamaan, pemuda dan olahraga serta mewujudkan kamtibmas dan kepastian hukum untuk terciptanya suasana daerah yang selalu kondusif, tambahnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016