Warga perumahan Komplek Pondok Indah RT 04/RW 09, Batu Besi, Kelurahan Landasan Ulin Timur, Banjarbaru, menanam ratusan pohon untuk menghijaukan lingkungan sekaligus mencegah bencana.
 
Ketua RT 4 Kompleks Pondok Indah Kasmani mengatakan, penanaman sebanyak 400 bibit pohon produktif jenis jambu air dan mangga itu sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
 
"Penanaman ratusan bibit pohon di lingkungan komplek selain sebagai bentuk kepedulian terhadap alam dan sekitarnya, juga mencegah banjir yang sering terjadi di lingkungan kami," ujarnya di sela kegiatan, Jumat.
 
Menurut dia, banjir terparah dialami warga pada 2021 lalu, sehingga mereka berinisiatif menanam bibit pohon yang juga dilakukan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77.
 
Pemerhati lingkungan yang ikut ambil bagian dalam aksi peduli alam Robert Hendra Sulu mengatakan, langkah berbenah itu harus dimulai dari diri masing-masing dari hal kecil hingga menjadi besar.
 
"Kepedulian lingkungan dibangun dari kesadaran diri sendiri, dimulai dari hal kecil yang bisa berdampak besar terutama mencegah bencana seperti banjir yang setiap saat bisa terjadi," ucapnya.
 
Dikatakan pria yang dikenal sebagai seniman sekaligus pengacara itu, aksi peduli lingkungan yang mereka lakukan bisa menjadi percontohan bagi kawasan perumahan lainnya agar terjadi keseimbangan alam.
 
Terkait jenis pohon produktif yang ditanam, hal itu dilakukan sebagai upaya melibatkan seluruh lapisan masyarakat menanam sekaligus menjaga dan merawat sehingga tumbuh besar dan bisa dinikmati.
 
"Artinya, kegiatan ini bukan hanya sebatas menanam tetapi menjaga dan merawat agar pohonnya tumbuh besar sehingga bisa dinikmati. Kami berharap pemerintah mendorong kegiatan ini di masyarakat," katanya.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022