Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis mendukung upaya pembinaan yang dilakukan Lembaga permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabaru dengan slogan "Memanusiakan Manusia".

"Slogan ini salah satu bagian dari program yang diterapkan di lingkungan Lapas Kotabaru kepada seluruh warga binaan," katanya.

Menurut Sairi Mukhlis, luar biasa perubahan pembinaan yang dilakukan Kementrian Hukum dan HAM, khususnya Lapas Kotabaru.

Ia juga menanggapi tentang beberapa kekurangan sarana, dan prasarana yang disampaikan pihak Lapas, untuk bahan pertimbangan dalam mewujudkan program yang sudah dijalankan.

"Kami mendukung terciptanya kampus hijau yang digagas Kepala Lapas dalam rangka memberikan kenyamanan untuk pembinaan warga binaan yang ada di dalamnya," paparnya.

Kepala Lapas Kotabaru Yosef Benyamin Yembise, mengungkapkan slogan "Memanusiakan Manusia sebagai nama kampus hijau agar tidak terkesan bahwa Lapas sebagai tempat yang menakutkan, tetapi ramah dan humanis baik dengan warga binaan maupun keluarga yang membesuk.

"Lapas Kotabaru selalu berkomitmen untuk melaksanakan amanah sebagai pembina warga binaan. Untuk itu kami melaksanakan program pembinaan baik itu pembinaan kepribadian maupun pembinaan kemandirian,” ucap Yosef.

Pembinaan tersebut meliputi program Gerakan Pemasyarakatan Menyapa, Gerakan Pemberdayaan Narapidana, dan Gerakan Narapidana Menabung yang bekerjasama dengan stakeholder.

 

Pewarta: aqsin

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022