Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Kabupaten Balangan berlangsung lancar dengan penuh khidmat.

"Semoga peringatan HUT ke-77 ini dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk semakin mempererat rasa kebersamaan, serta menumbuhkembangkan semangat gotong royong, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," kata Bupati Balangan Abdul Hadi di Paringin, Rabu.

Dia menyebutkan, semangat pengorbanan, ketangguhan dan persatuan para pahlawan harus terus diwarisi dan dipupuk bersama, yaitu sebagai kekuatan dalam mengatasi berbagai tantangan serta persoalan bangsa yang pasti semakin berat ke depan, seperti tantangan ekonomi, digitalisasi, kemiskinan, penyalahgunaan narkoba, bencana alam banjir dan karhutla.
Bupati Balangan beserta Forkopimda usai upacara peringatan HUT ke-77 RI di Balangan, Rabu (17/8/2022). ANTARA/erde


Sementara Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja, berharap semoga momentum ini dapat menjadikan persatuan dan kesatuan bagi seluruh rakyat Indonesia, yaitu sesuai tema "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat," kata Dhuwi.

Selain itu, ucapnya, peringatan ini adalah sebagai bentuk perjuangan para pejuang bangsa dan negara Indonesia dari penjajahan dan menjadi kewajiban bersama menjaga kemerdekaan itu dengan semangat juang tinggi membangun kemajuan, keutuhan dan kerukunan bangsa dalam toleransi kebhinekaan.

Usai upacara digelar, Pemerintah Kabupaten Balangan memberikan tali asih dan bingkisan kepada veteran dan janda veteran serta menyerahkan piagam penghargaan kepada instansi terkait. Kemudian berlanjut ke Aula Benteng Tundakan untuk mengikuti upacara secara virtual dari Istana Negara.

Diketahui, Bupati Balangan Abdul Hadi berperan sebagai inspektur upacara, sedang komandan upacara Kapten Infanteri Ahdi Saputra, dan naskah proklamasi dinarasikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Balangan Ahsani Fauzan. 
 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022